Samosir Dipilih Menjadi Tuan Rumah GFNY Champhionship Asia 2018

Jakarta, airmagz.com – Setelah Gran Fondo New York (GFNY) Bali 2018 usai, agenda serupa bakal berlanjut di Pulau Samosir, Sumatera Utara. Ajang itu berlabel Kejuaraan Asia.

M. Mahful selaku humas GFNY menyatakan, Samosir dipilih karena medannya yang unik dengan pemandangan indah yang tak kalah dengan Pulau Dewata. GFNY Indonesia menargetkan 2.000 peserta dari seluruh dunia untuk ikut serta kejuaraan maraton sepeda se-Asia itu.

“Karena belum banyak yang tahu Samosir dan target kami 2.000 peserta akan mengikuti kompetisi itu. Untuk medan sebenarnya tidak ada yang sulit,” ujar Mahful.

Mahful menjelaskan, tidak ada rute tanjakan, tikungan, lintasan lurus yang sulit karena tergantung kemampuan fisik pesepeda. Jadi kesulitan medan itu selalu relatif. Tapi yang menarik dari Samosir adalah pemandangan yang luar biasa, sebuah gunungapi yang kawahnya menjadi danau.

Mahful juga menambahkan dukungan pemerintah daerah setempat sangat positif. Hal ini dilihat dengan upaya Pemda untuk memperbaiki ruas jalan di Samosir agar event GFNY Toba 2018 Asian Championship tersebut dapat berlangsung dengan baik.

“Temperatur dan kualitas udara lebih baik dari Bali, kepadatan lalu lintas sangat rendah dan Pemda setempat mendukung event ini. Sekarang Pemda terus bekerja untuk meningkatkan kualitas jalan,” kata Mahful.

GFNY Indonesia Samosir 2018 adalah event cycling marathon yang akan berlangsung pada 2 September 2018 di Pulau Samosir. GFNY Indonesia Samosir 2018 sekaligus tuan rumah GFNY Champhionship Asia 2018, merupakan Champhionship yang kedua di Asia.

Selain itu, GFNY Indonesia Samosir 2018 masuk dalam rangkaian agenda pariwisata Pulau Samosir yaitu Horas Fiesta Samosir 2018.

Salah satu persiapan jelang event cycling marathon GFNY Indonesia Samosir 2018 yaitu penyelenggara melakukan rapat koordinasi dengan seluruh SKPD yg terkait, yaitu Camat dan Kepala Desa yang dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Samosir Rapidin Simbolon.

Setelah rapat koordinasi tersebut, Tenne Permatasari sebagai penyelenggara GFNY Indonesia Samosir 2018 mengutarakan turut berterima kasih kepada pihak pendukung event Sport Tourism tersebut seperti, Pemkab Samosir, Bupati Samosir, Kadispar Samosir, Polres Samosir, Poldasu, dukungan Pemerintah Pusat, Kemenpar RI, BOPDT, dan Hendra Sammy atas pemaparannya di depan dinas-dinas terkait dalam rapat koordinasi dengan Pemkab Samosir. SKPD di Samosir atas dukungan untuk lancar dan suksesnya event GFNY SAMOSIR 2018.

Arie Prasetyo selalu Dirut BOPDT menyampaikan kepada pihak penyelenggara bahwa ingin mempertahankan GFNY Indonesia berikutnya tetap diadakan disana untuk Arie Prasetyo selalu Dirut BOPDT menyampaikan kepada pihak penyelenggara bahwa ingin mempertahankan GFNY Indonesia berikutnya tetap diadakan disana di tahun-tahun berikutnya untuk mengembangkan pariwisata Danau Toba krn utk mengembangkan pariwisata Danau Toba tidak cukup hanya diadakan 1 kali saja. (BP)

Share :
You might also like