Bawa 9 Penumpang, Pesawat Perintis Hilang Kontak di Oksibil

Jakarta, airmagz.com – Pesawat perintis Dimonim Air rute Bandar Udara Tanah Merah, Papua, hilang kontak di Oksibil, Papua. Pesawat yang hilang itu mengangkut 9 orang.

“Pesawat berisi 9 orang, 2 pilot dan 7 penumpang,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Baitul Ihwan, Sabtu (11/8/2018).

Ihwan mengatakan pesawat perintis itu terbang pukul 13.50 WIT dan diagendakan tiba pukul 14.30 WIT. Namun, pukul 14.17 WIT pesawat itu hilang kontak.

“Pesawat saat berkomunikasi dengan tower Oksibil kemudian diarahkan ke long final runway 11, dan lost contact,” ucap Ihwan.

Saat ini para petugas gabungan telah dikerahkan untuk melakukan pencarian. Diketahui pesawat itu mengangkut 9 orang, yakni 2 pilot dan 7 penumpang.

“Koordinasi yang telah dilakukan SAR, operator, bandara, KNKT DJJ. Saat ini akan dilaunching untuk pencarian,” terangnya

Petugas SAR gabungan yang diterjunkan belum menemukan pesawat perintis Dimonim Air yang hilang kontak di Oksibil, Papua. Pesawat itu seharusnya dijadwalkan mendarat pukul 14.30 WIT.

Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal mengatakan pesawat itu milik PT Martha Buana Abadi PK – HVQ TIPE PAC 750XL. Rute penerbangan pesawat itu Bandara Tanah Merah-Bandara Oksibil.

“Hingga saat ini pesawat hilang kontak dan belum diketahui keberadaannya,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes AM Kamal, Sabtu (11/8/2019).

Pesawat ini diketahui membawa 9 orang. Dua orang merupakan pilot dan copilot, sedangkan sisanya adalah penumpang.

Berikut kronologi pesawat Dimonim Air hilang kontak:

1. Pukul 13.50 WIT, Pesawat Dimonim Air terbang dari Bandara Tanah Merah Kabupaten Boven Diguel menuju Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang.

2. Pukul 14.17 WIT, Pesawat Dimonim Air melakukan kontak komunikasi dengan pihak Tower Bandara Oksibil.

3. Keterangan dari pihak Tower Bandara Oksibil, Pesawat Dimonim Air seharusnya sudah mendarat di Bandara Oksibil pada pukul 14.30 WIT.

4. Hingga pukul 18.33 WIT, pesawat belum diketahui keberadaannya.

Pesawat itu diketahui membawa 7 penumpang dan 2 pilot. Berikut daftar penumpang pesawat tersebut:

1. Lessie (pilot)

2. Wayan Sugiarta (co-pilot)
3. Sudir Zakana (penumpang)
4. Martina Uropmabin (penumpang)
5. Hendrikus Kamiw (penumpang)
6. Lidia Kamiw (penumpang)
7. Jamaludin (penumpang)
8. Naimus (penumpang)
9. Jumaidi /CHL (penumpang)

(BD/Detik.com)

Share :
You might also like