Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) “Driving with Manners”

Jakarta, airmagz.com – Sejak hadir di ajang “Gaikindo Auto Expo 2003” lalu, Toyota Avanza terus menggoda minat para pecinta otomotif di Indonesia. Jumlah penggemar mobil besutan “Negeri Matahari Terbit” ini pun terus meningkat. Tak mengherankan bila komunitas pecinta dan pengguna mobil tersebut, yaitu Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), menjadi salah satu komunitas mobil dengan jumlah anggota terbesar di tanah air.

Setelah Avanza eksis di Indonesia selama lebih dari satu dekade, muncul beragam komunitas bagi pecinta dan penggunanya. Salah satunya adalah komunitas Toyota Avanza Club Indonesia (TACI) pada 1 September 2013, sebagai wadah bagi para pecinta dan pengguna mobil dengan predikat “mobil sejuta umat” ini. Kehadiran TACI menunjukkan bahwa Toyota Avanza adalah salah satu kendaraan keluarga yang paling diminati di Indonesia.

Menurut Riyan Rahadiansyah, Sekretaris Jenderal Toyota Avanza Club Indonesia (TACI), sejatinya komunitas otomotif merupakan wadah bagi pengendara otomotif di Indonesia. “Anggota komunitas otomotif pada umumnya loyal dengan jenis kendaraannya. Selain itu, para anggota komunitas juga dapat menjelma menjadi brand ambassador merek otomotif tertentu melalui word to mouth ke masyarakat,” ujar pria yang akrab dipanggil Riyan ini kepada Airmagz, ketika di temui di kawasan Serpong, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya Riyan menjelaskan, saat ini komunitas otomotif di Indonesia berkembang dengan cepat dan semakin modern. “Hal ini seiring dengan perkembangan teknologi, di mana informasi, komunikasi, dan interaksi dengan mitra, media, serta para anggota komunitas otomotif dapat dengan cepat dan mudah terjalin,” ungkap dia.

Riyan meneruskan, setelah hampir 15 tahun Toyota Avanza diperkenalkan di Indonesia, kini Avanza telah dimiliki oleh lebih dari satu juta orang. “Dengan jumlah kepemilikan lebih dari satu juta orang, sepatutnya para pemilik Toyota Avanza memiliki sebuah komunitas yang fokus dan loyal dalam satu merek atau jenis kendaraan tersebut. Atas banyak permintaan, maka kami membentuk TACI pada 1 September 2013 di kawasan SCBD Jakarta. Gagasan ini digulirkan oleh beberapa orang (founder) yang saat ini menduduki posisi Dewan Penasehat Pusat TACI,” tutur Riyan.

Terus Berkembang

Sejak dilahirkan hampir empat tahun lalu, eksistensi TACI terus menggelinding menjadi salah satu komunitas otomotif dengan jumlah anggota terbesar di tanah air. Hingga saat ini, ada lebih dari dua ribu orang yang terdaftar menjadi anggota TACI. “Saat ini jumlah anggotanya hampir mencapai 2.300 orang, yang terdiri dari pria dan wanita dengan beragam latar belakang pekerjaan, dari Sabang (Aceh) hingga Merauke (Papua),” ungkap Riyan.

Jumlah anggota sebanyak itu, lanjut pria berkacamata ini, tersebar menjadi beberapa chapter yang dikukuhkan oleh Pengurus Pusat TACI, seperti chapter Cirebon Raya, Lampung, Banten (Serang, Pandeglang, Rangkas dan Cilegon atau Separaci), Palembang, Wajo (Makassar), Bekasi, Tangerang, Manado, Pekanbaru, Bogor Raya, Bangka, Jakarta Raya, dan Bali.

“Saat ini akan menyusul pembentukan chapter Purwakarta, Subang, dan Karawang (Pusaka), Bandung Raya, Sukabumi, Cianjur, dan lain-lain. Mereka di wilayah tadi sedang melakukan persiapan untuk dikukuhkan oleh Pengurus Pusat TACI,” kata Riyan.

Besarnya minat para pemilik Toyota Avanza untuk bergabung dalam komunitas TACI tidak lepas dari kemudahan persyaratan yang ditetapkan. “Anggota TACI adalah pemilik dan pengguna Toyota Avanza yang telah mendaftar secara lengkap, memenuhi administrasi pendaftaran, mematuhi AD/ART, mengikuti tata tertib club, dan mengikuti agenda club (kopi darat/kopdar). Syarat terpenting, setiap anggota wajib memiliki SIM A dan STNK Toyota Avanza yang masih berlaku,” ujar dia.

Riyan mengaku jatuh hati pada Avanza karena mobil ini merupakan mobil keluarga yang menjadi idola masyarakat di Indonesia. “Avanza merupakan kendaraan keluarga yang dapat memuat banyak penumpang, irit, dan stabil saat dikemudikan. Desainnya sangat menarik dan tampilannya bagus, baik di modifikasi maupun kondisi standar pabrik. Selain itu, model interior dan eksteriornya juga lebih sporty, keren, dan lebih unggul dibandingkan mobil sejenis di kelasnya,” kata Riyan.

Riyan berharap para anggota pemula atau baru dapat memberikan dukungan untuk kemajuan club, aktif, dan dapat meluangkan waktu untuk mengikuti setiap kegiatan TACI. “Nantinya TACI diharapkan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam mematuhi peraturan berlalu lintas dan beretika dalam berkendara, menjadi sarana diskusi dan tukar-menukar informasi kendaraan Toyota Avanza, serta mengembangkan kreativitas di bidang otomotif sehingga TACI makin berkualitas dan dapat terus berkiprah bagi dunia otomotif di Indonesia,” papar Riyan.

Ragam Agenda Kegiatan

Foto : TACI

Dalam mengisi kegiatan, TACI memiliki beragam agenda yang dilakukan secara rutin dan berkala. Salah satu agenda wajib bagi para anggota TACI adalah mengikuti acara pertemuan antar sesama anggota atau yang dikenal dengan istilah “Kopi Darat (Kopdar)”, baik pada tingkat wilayah maupun pengurus pusat.

“Acara kopdar dilakukan satu hingga dua kali setiap bulan. Bahkan, di tingkat wilayah dapat dilakukan setiap minggu, tergantung keinginan dan kesiapan anggota TACI di masing-masing wilayah mengagendakannya,” tutur Riyan.

Oleh sebab itu, lanjut Riyan, lokasi kopdar tidak menetap, tapi berpindah-pindah. Hal ini sebagai ajang silaturahmi, diskusi, tukar informasi, dan merekatkan hubungan kekeluargaan sesama anggota TACI.

“Secara keseluruhan, kegiatan TACI harus berpedoman pada empat pilar TACI, yaitu togetherness (kebersamaan, kekeluargaan setiap melaksanakan kegiatan), automotive (modifikasi dilakukan secara baik dan tidak mengganggu masyarakat luas), charity (peduli pada sesama), dan i’m driving with manners (mendukung safety driving di jalan raya). Empat pilar kegiatan ini bersandar pada singkatan nama TACI itu sendiri,” jelas dia.

Selain itu, anggota TACI juga terus menumbuhkan rasa kepedulian kepada masyarakat secara luas melalui berbagai kegiatan sosial dalam bentuk TACI Peduli. “TACI Peduli digelar sebagai wujud kepedulian antar sesama, baik yang dilakukan pengurus pusat maupun di masing-masing chapter. Ini dapat dilakukan secara spontan maupun diagendakan, seperti penanaman pohon, memberikan bantuan kepada korban bencana alam, santunan anak yatim, dan sebagainya,” tutur Riyan.

Dalam setiap kegiatan, TACI juga menumbuhkan rasa kekeluargaan dan persaudaraan dengan melibakan anggota keluarga dari masing-masing anggota. “Kegiatan TACI selalu melibatkan dan mengajak keluarga dengan membuat acara yang melibatkan pasangan (suami-istri) dan anak-anak setiap anggota. Para keluarga juga menjalin keakraban dan komunikasi yang baik, sehingga di setiap kopdar, para member selalu membawa keluarganya,” ujar Riyan.

Safety Driving

Foto : TACI

Setiap anggota TACI wajib menyadari pentingnya keselamatan, keamanan, dan beretika dalam berkendara. Hal ini merupakan bagian dari  komitmen TACI dalam menjaga keselamatan dan berperilaku selama berkendara. Dan hal itu diwujudkan melalui slogan kampanye yang bertajuk “Driving With Manners” atau DWM, yang dideklarasikan pada tanggal 25 Oktober 2014 di Parkir Timur Senayan, Jakarta.

“DWM merupakan slogan TACI dalam mendukung safety driving campaign. Ada 10 poin di dalamnya, yaitu taat pada aturan lalu lintas, menjaga keselamatan diri dan orang lain, menghargai pengguna jalan lain, menjaga mood saat mengemudi, say thanks saat diberi jalan oleh pengendara lain, say sorry saat melakukan kesalahan, cinta lingkungan, memodifikasi mobil dengan baik, budaya antri di jalan raya, serta ‘keep smile and enjoy your journey!’ Selain itu, kami juga melibatkan Polri, Road Safety Association (RSA), dan para member TACI saat melakukan safety driving campaign,” tutur Riyan.

Untuk masyarakat luas, TACI terus membagikan semangat safety driving sebagai wujud kepedulian dalam menciptakan keselamatan, keamanan, dan berprilaku dalam berkendara bagi seluruh anggota dan masyarakat luas. “Hal ini akan terus kami lakukan, mengingat level ketertiban dan kedisiplinan berkendara di Indonesia masih perlu ditingkatkan. Oleh sebab itu, TACI selalu memberikan imbauan kepada member untuk selalu memberikan contoh kepada masyarakat melalui semangat Driving with Manners,” ujarnya.

Selanjutnya Riyan mengatakan, tertib berlalu lintas harus dimulai dari diri sendiri atau kesadaran pengemudinya. “Oleh sebab itu TACI mengimbau kepada para pengemudi kendaraan agar menghindari mengemudi kendaraan saat sedang emosi atau banyak pikiran, sabar dalam berkendara, budayakan antri di jalan raya, tidak menyerobot atau mengambil lajur pengendara lain dengan tiba-tiba. Ingatlah bahwa keluarga menunggu di rumah,” kata Riyan.

Jambore Nasional Pertama

Untuk pertama kalinya, TACI menggelar ajang Jambore Nasional (Jamnas) yang melibatkan hampir seluruh anggotanya. Acara yang bertema “Drive Showin” ini digelar pada 13-14 Mei 2017 di Kota Cirebon, Jawa Barat.

“Saat itu, ada sekitar 1.000 orang yang mengikuti acara Jamnas. Hal ini memberikan sensasi tersendiri ketika melakukan touring atau konvoi panjang dengan Avanza menuju titik pertemuan Jamnas 2017 di Cirebon. Touring itu diikuti sekitar 300 mobil Avanza yang berasal dari berbagai penjuru daerah,” kata Riyan.

Riyan menjelaskan, Jamnas 2017 dihadiri oleh Dewan Penasehat Pusat sekaligus Founder TACI, pengurus pusat, perwakilan dewan penasehat, pengurus chapter, dan rekan-rekan TACI dari chapter Malang, Surabaya, Sidoarjo, Ponorogo, Jogja, Kudus, Palu, Wajo, Bandung, Bogor, Depok, Serang, Pandeglang, Rangkas, Cilegon (Separaci, Banten), Jakarta, Bekasi, Purwakarta, Subang, Karawang , Lampung, Bali, Manado, Medan, Pekanbaru, Cirebon, Cianjur, Sukabumi, Priangan Timur, Tangerang, Tegal, Probolinggo, Pasuruan, Mitra sponsor, dan beberapa awak media.

Jamnas 2017 diawali dengan acara melepas para peserta Jamnas 2017 yang berasal dari berbagai daerah. Prosesi pelepasan yang diwakili oleh Ketua Umum TACI itu dilakukan di Rest Area 57 sebagai meeting point. Selanjutnya para peserta melakukan konvoi menuju Kota Cirebon dengan mengkampanyekan slogan TACI, yaitu DWM.

Sesampainya di Cirebon, Riyan menjelaskan, pada malam harinya acara diisi dengan “malam keakraban” di Pringsewu Resto, Cirebon. “Tujuannya untuk mengakrabkan dan sharing sesama member dengan semangat penuh kebersamaan dan kekeluargaan. Kota Cirebon dijadikan tempat penyelenggaraan ajang bersilaturahmi antar member TACI se-Nusantara karena lokasinya berada di tengah-tengah, baik dari Sumatera, Sulawesi dan lain lain,” kata dia.

Hari kedua pelaksanaan, lanjut Riyan, diisi antara lain dengan memberikan bantuan untuk pembangunan musholah, perlengkapan sekolah, dan alat-alat tulis bagi anak kurang mampu di Yayasan Az Zahra dari hasil sumbangan para member TACI, Toyota Astra Motor (TAM), dan beberapa sponsor lain.

“Setelah itu, acara dilanjutkan dengan perlombaan display car terfavorit, perlombaan mewarnai anak, seremoni Jamnas, bazaar otomotif dan non-otomotif, serta coaching clinic yang dilakukan oleh mitra sponsor,” pungkas Riyan.n (TS)

Share :
You might also like