Kota Solok, Spirit Baru di Kancah Internasional

Jakarta, airmagz.com – Kota Solok, merupakan kota perdagangan sangat strategis berada dijalur lintas trans Sumatera yang terkenal dengan bareh Solok-nya kini terus mengukir cerita dan sejarah pergaulannya dikancah nasional dan internasional. Untuk kesekian kalinya, Kota Solok menjadi pusat perhatian Walikota Toyohashi, Koichi Shara dan rombongan yang terpikat kerjasama dibidang pemurnian air baku menjadi air bersih untuk mendukung Solok sebagai destinasi wisata belanja dan budaya.

H.Zul Elfian, adalah walikota yang berada dibalik adanya kerjasama itu. Spirit dan inovasi baru yang ada dipikirannya jauh melompati nalarnya untuk memajukan  Solok sebagai destinasi wisata belanja, budaya dan pelayanan. Untuk meraih itu tentu perlu dukungan dari berbagai tokoh masyarakat dan warga kota yang menginginkan Kota Solok lebih maju dan berkembang seiring kemajuan teknologi di era milenial saat ini.

Dalam percakapan dengan majalah Airmagz di kediamannya beberapa pekan lalu, pria yang dibalut kehidupan religius ini sengaja membongkar mimpi-mimpinya untuk dalam menjawab tantangan untuk menjadikan Kota Solok lebih dikenal sebagai kota pelayanan penuh keramahtamahan tanpa mengenyampingkan nilai-nilai sejarah dan budaya yang sudah ditorehkan secara turun temurun, bahkan telah mendarahdaging dalam kehidupan sosial masyarakatnya.

Menurut Zul Elfian, dalam merealisasikan mimpinya itu, salahsatu agendanya adalah menjalin kerjasama dengan berbagai kota ditanah air dan luar negeri seperti Kota Toyohashi, Jepang, dibidang air bersih. Kerjasama ini akan memberi dampak terhadap warga kota dalam proses ketersediaan air bersih layak minum dan sehat. Disamping pengelolaan penanganan sampah, agar kota terlihat lebih bersih dan nyaman sebagai destinasi wisata belanja dan kuliner. Untuk meraih itu, katanya, dibutuhkan dukungan semua stakeholders.

Pengembangan Solok kedepan tidak hanya sebatas itu, pembangunan infrastruktur pendukung seperti jalan dan moda transportasi lokal juga akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana perkotaan yang memadai, sehingga membuat orang betah tinggal di Solok. Dalam blue print,  Kota Solok akan dilengkapi dengan stadion sepak bola termegah yang mampu menampung 25 ribu penonton serta hotel berbintang.

Sisi lain, Wako Elfian, juga mampu “:menjual” Solok melalui duta seninya Sanggar Lubuak Nan Tigo yang tampil memukau pada ajang Festival Indonesia  di anjungan Kresnaya Park Moscow, awal Agustus lalu yang dihadiri Wakil Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev dan Duta Besar Indonesia untuk Rusia Mohamad Wahid Supriyadi. Juga hadir  Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno dan Ketua Dekranasda Ny. Nevi Irwan Prayitno, sebagai pimpinan rombongan.

“Kami akan terus berinovasi dengan membuka berbagai kerjasama dengan daerah lain. Baik di dalam maupun dengan luar negeri. Hal ini butuh peran media untuk menyebarluaskan informasi dalam mempromsikan Kota Solok sebagai destinasi wisata belanja, budaya dan kuliner” tutur Wako Zul Elfian dengan nada datar. (IY)

Share :
You might also like