PT Bukit Asam Sumbang100 Sapi Qurban Senilai Rp 1,1 Milyar

Jakarta, airmagz.com – Sebagai perusahaan pelat merah yang bergerak disektor industri pertambangan batubara, PT Bukit Asam Tbk juga peduli terhadap lingkungan operasional perusahaan. Kepedulian itu di representasikan Bukit Asam dalam menyambut hari raya Idul Adha 1439 H lalu dengan membagikan 69 sapi qurban untuk kecamatan yang berada di ring satu perusahaan di Tanjung Enim. Penyerahan hewan qurban itu dilakukan secara simbolis oleh manajemen PTBA kepada Camat Lawang Kidul, Rahmad Noviar, untuk diteruskan dan dibagikan kepada masyarakat penerima manfaat hewan kurban di halaman kantor pusat PT BA Jalan Perigi, Tanjung Enim, Sumsel..

Senior Manager corporat social responsibility (CSR) PT Bukit Asam Kanthi Miarso kepada airmagz.com melalui hubungan telepon mengatakan, 100 sapi senilai Rp 1,1 milyar terdiri dari 69 sapi qurban di serahkan untuk Kabupaten Muara Enim dan Kabupaten Lahat Sumsel, 16 ekor untuk Kota Sawahlunto dan Padang Sumbar, 14 ekor untuk dibagi ke Palembang, dan 11 ekor untuk dibagikan ke masyarakat Tarahan, Lampung. Lima sapi diantaranya dari Direksi PT BA.

Sapi-sapi tersebut berasal dari sejumlah peternak yang ada di Muara Enim. Seperti dari Lawang Kidul, dan Tanjung Agung. Menurut Kanthi Miarso, pengadaan sapi ini sengaja memperioritaskan usaha peternak lokal sebagai bentuk kepedulian PT Bukit Asam membantu peningkatan perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan.

Dijelaskannya, 69 sapi qurban itu disalurkan untuk masyarakat yang berada disekitar daerah operasional perusahaan terdiri dari 37 ekor sapi untuk Kecamatan Lawang Kidul, 11 sapi untuk Kecamatan Tanjung Agung, 6 sapi untuk Kecamatan Muara Enim, 9 sapi untuk Kecamatan Merapi Timur, 1 sapi untuk Kecamatan Merapi Barat, serta 5 sapi disalurkan untuk instansi seperti Lapas Muara Enim, Legiun Veteran RI Muara Enim, dan Persatuan Pensiunan PTBA.

Sebagaimana informasi yang diperoleh, PT BA Unit Dermaga Kertapati menyalurkan 16 sapi  terdiri dari 14 sapi dari PT BA dan 2 ekor sapi dari Lazis Unit Dermaga Kertapati. Hewan kurban ini akan disalurkan ke beberapa tempat di Palembang antara lain masyarakat kelurahan Karanganyar sebanyak 2 sapi, masyarakat kelurahan 36 Ilir sebanyak 1 sapi, Masjid Ki Merogan  1 sapi, Dipo Kertapati sebanyak 4 sapi, Sako Kenten sebanyak 1 sapi, kelurahan Ogan Baru sebanyak 1 sapi serta beberapa tempat lainnya. Hewan qurban ini diserahkan Gedri, GM Unit Demaga Kertapati.

PT BA Unit Pelabuhan Tarahan juga memberikan bantuan hewan kurban sebanyak 5 sapi dan 6 ekor kambing. Ke 5 sapi hewan kurban disalurkan ke Dusun Mataram, Kecamatan Katibung, Kelurahan Srengsem Kecamatan Panjang, serta Pemprov Lampung. Sementara 6 kambing  disalurkan ke Kelurahan Srengsem Kecamatan Panjang, Koramil Panjang, Polsek Panjang, dan Kecamatan Panjang. Diserahkan oleh Suuwarto, Manejer Kendali Produk Pelabuhan Tarahan.(IY)

Share :
You might also like