Bingung Naik Pesawat Kelas Bisnis? Coba Tips Ini

Jakarta, airmagz.com – Kesempatan untuk naik pesawat kelas bisnis dalam penerbangan ke luar negeri memang tidak selalu didapat setiap orang. Ya, dengan berbagai faktor dan alasan, banyak orang pun akhirnya memilih penerbangan kelas ekonomi yang lebih ekonomis.

Ketika Anda mendapat kesempatan terbang dengan kelas bisnis ke luar negeri untuk pertama kalinya, mungkin ada sedikit perasaan segan, canggung, ataupun kaku. Sebab, pada penerbangan kelas ini, Anda akan diundang ke lounge khusus kelas bisnis, sebagai salah satu fasilitasnya.

Nah, agar Anda tidak canggung kala naik pesawat kelas bisnis, simak tips-tips berikut ini.

1. Berpakaian sopan dan jangan ragu

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kesopanan pakaian yang dikenakan. Kemudian jangan ragu. Tunjukkan saja tiket pesawat Anda. Petugas akan langsung mengarahkan Anda ke lounge. Jika Anda berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, lounge untuk penumpang bisnis biasanya langsung berada di dekat tempat check -in bagasi. Lounge setiap maskapai bisa berada bersebelahan atau terpisah.

2. Jangan gugup perihal keimigrasian dan bagasi

Jika waktu penerbangan mepet, Anda sebenarnya tidak perlu khawatir terlambat masuk pesawat karena antrean panjang untuk mengurus keimigrasian. Sebab, petugas imigrasi juga bertugas di dekat pintu masuk lounge. Penumpang kelas ekonomi memang perlu mengantre panjang untuk urusan ini, tetapi penumpang kelas bisnis tidak. Anda biasanya akan langsung dilayani. Penumpang pesawat kelas bisnis dan kelas utama juga biasanya tidak sebanyak kelas ekonomi, sehingga meski terjadi antrean tidak akan terlalu panjang.

Perbedaan juga akan dirasakan penumpang saat mengurus bagasi. Maskapai penerbangan biasanya memberikan bagasi gratis mulai dari kapasitas bagasi di kabin 7 kilogram, kapasitas bagasi pesawat saat check in 15 kilogram hingga 30 kilogram tergantung kelas yang dipilih. Selain itu, Anda tidak perlu gusar sebab kompartemen di kabin kelas bisnis dapat memuat lebih banyak bawaan masing-masing penumpangnya.

3.Meski gratis,  tetap jaga sikap saat bersantai di lounge

Ketika sudah berada di dalam lounge, Anda akan menemukan banyak sofa nyaman dan berbagai pilihan makanan yang disediakan secara cuma-cuma dan dapat diambil dengan sesuka hati. Meski demikian, tetaplah bersikap sopan dan ambil makanan dengan memperhatikan kapasitas perut. Jika berencana untuk makan lagi di dalam pesawat sebaiknya Anda juga tidak makan terlalu banyak di lounge.

Perhatikan juga waktu bersantai di lounge. Biasanya kita akan dipanggil untuk masuk ke gerbang keberangkatan jika sudah waktunya. Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa waktu jalan kaki menuju gerbang keberangkatan biasanya lebih kurang 10-15 menit. Perkirakan waktu dengan tepat supaya tidak harus jalan terburu-buru atau ketinggalan pesawat

4. Jangan takut bertanya Ketika sudah duduk di dalam pesawat, jangan terkejut. Anda akan mendapat kursi yang lebih luas daripada saat berada di kelas ekonomi. Meskipun setiap pesawat memiliki kualitas kursi yang berbeda-beda. Jangan sungkan, Anda pun bisa bertanya kepada pramugari cara mengoperasikan fasilitas di kabin jika belum tahu. Biasanya detail fasilitas hiburan akan lumayan berbeda, tergantung maskapai penerbangan yang Anda pilih.

Sekali lagi, Anda tidak perlu merasa sungkan karena tugas mereka adalah membantu. Lima menit pertama Anda duduk, biasanya segera disuguhi handuk hangat dan pilihan minuman – termasuk champagne.  Seru bukan?

5. Beli tiket secara online dan manfaatkan promo

Lalu bagaimana untuk mendapatkan tiket kelas bisnis dengan harga lebih ekonomis? Anda bisa memanfaatkan aplikasi reservasi online. Paling mudahnya melalui Traveloka. Aplikasi ini menawarkan layanan pembelian tiket pesawat kelas premium. Jadi bukan tidak mungkin, Anda akan mendapatkan promo terbaik dari Traveloka untuk bepergian dengan kelas bisnis. Jadi, ini saatnya Anda memanfaatkan teknologi dengan tepat guna agar traveling lebih nyaman.

Daftarkan diri sebagai member Travelokadan berlangganan newsletter dari aplikasi reservasi online ini agar selalu mendapat informasi-informasi terbaru mengenai promo tiket. (IMN/Kompas.com)

Share :
You might also like