Mantap! China Bakal Borong 7.690 Pesawat Buatan Boeing

Jakarta, airmagz.com – Maskapai China diproyeksikan akan membeli 7.690 pesawat baru senilai US$ 1,2 triliun (Rp 17.792 triliun) buatan Boeing dalam dua dekade ke depan.

Angka itu meningkat 6,2% dibandingkan proyeksi yang sebelumnya, yaitu 7.240 pesawat sampai 2036. Demikian pernyataan Vice President of Marketing Boeing Commercial Airplanes Randy Tinseth dilansir Reuters, Selasa (11/9/2018).

Tiga perempat dari 7.690 pesanan pesawat selama 20 tahun ke depan kemungkinan akan digunakan untuk kategori single-aisle aircraft.

Sementara armada widebody maskapai China akan membutuhkan 1.620 pesawat baru atau tiga kali lipat jumlah armada widebody saat ini.

Menurut Tinseth, pertumbuhan penerbangan di Negeri Tirai Bambu tak lepas dari pertumbuhan kelas menengah di negara tersebut.

“Pertumbuhan telah meningkat tiga kali lipat dalam 10 tahun terakhir dan diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dalam 10 tahun mendatang,” kata Tinseth.

Boeing dan pesaing mereka asal Eropa, Airbus, terus berlomba-lomba meningkatkan pangsa pasar di China. Negeri itu merupakan pasar penerbangan yang tumbuh paling cepat di dunia di mana kedua perseroan membuka pabrik perakitan di China.

Sejauh ini, kedua perusahaan terhindar dari perang dagang yang sedang berlangsung antara AS dan China. Pesawat besar tidak masuk dalam daftar bea masuk balasan China.

Walaupun Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump telah mengancam akan menjatuhkan bea masuk pada hampir semua produk impor asal China. (IMN/CNBCIndonesia)

Share :
You might also like