Rampung 100 Persen, GAMIFest Siap Digelar

Jakarta, airmagz.com – Gayo Alas Mountain International Festival 2018 (GAMIFest) kembali digelar di Dataran Tinggi Gayo. Kegiatan ini melibatkan empat kabupaten yang ada di Aceh Tengah antara lain kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, dan Aceh Tenggara. Event tersebut akan memperlihatkan kekayaan kebudayaan daerah serta perlombaan yang tersebar di masing-masing kabupaten.

Acara pembukaan akan dihelat di sekitar Lapangan Musara Alun, Kota Takengon, Kabupaten Aceh Tengah dengan menampilkan tarian massal serta kebudayaan dari masing-masing kabupaten.

“Selama sepuluh hari kedepan acara akan terfokus di Kota Takengon, namun setelah itu dari keempat kabupaten juga akan menampilkan berbagai macam perlombaan dan kebudayaan. Dengan banyaknya acara, maka rencananya festival ini akan berlangsung selama tiga bulan,” ujar Rahmad Raden Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Aceh saat dihubungi redaksi Airmagz, Kamis (13/9).

Lanjutnya, persiapan event akbar ini hampir rampung 100 persen. Dan sudah melibatkan berbagai media lokal untuk mempromosikan festival ini ke seluruh tanah air hingga internasional.

“Kita sudah melibatkan media lokal untuk mempromosikan Gayo Alas Mountain ini baik lokal hingga mancanegara,” ujarnya.

Menurut Rahmad, tujuan menampilkan Gayo Alas Mountain Festival 2018 untuk memperkenalkan kekayaan kebudayaan yang ada di tanah Aceh, khususnya Aceh Tengah. Sehingga khalayak luas mengetahui keindahan yang ada di tanah Gayo Alas.

“Saat ini mungkin kebanyakan orang hanya mengetahui Aceh dengan daerah Sabang dan kota-kota Aceh lainnya. Dengan festival ini maka diharapkan orang-orang akan tahu bahwa Aceh Tengah yang berada di dataran tinggi juga memiliki keindahan dan kebudayaan yang tak kalah menariknya dari daerah lain,” pungkas Rahmad.

Dengan diadakannya event ini, secara langsung turut mendukung program pemerintah yang mencanangkan kedatangan 17 juta wisatawan asing datang ke Indonesia. “Event ini juga bertujuan memberitahu kepada semua orang baik dalam maupun luar negeri datang ke Aceh Tengah. Yang secara kebetulan juga masih dalam gugusan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) yang mempunyai keindahan tersendiri,” tutur Rahmad. (RDN)

Share :
You might also like