Makanan Pilot dan Penumpang Berbeda, Masa Sih?

Jakarta, airmagz.com – Bagi yang sering bepergian menggunakan pesawat terbang mungkin tidak heran jika sebagian maskapai menyediakan beragam hidangan. Penumpang bisa memilihnya sesuai dengan selera.

Tapi pernahkah bertanya – tanya apakah pilot juga mengonsumsi makanan yang sama dengan penumpang? Ternyata menu makan pilot saat di atas pesawat berbeda.

Seorang pilot, yang ingin tetap anonim, mengatakan, bahwa bagi pilot, makanan yang harus ada setidaknya dua di setiap penerbangan – makan makanan yang berbeda dari penumpang, dan dari pilot lainnya.

Makanan ini akan disiapkan oleh perusahaan katering yang sama dengan seperti dengan makanan yang dibuat maskapai. Ini untuk mengatasi jika ada kasus pilot keracunan makanan di atas pesawat.

Undang-undang Uni Eropa mensyaratkan bahwa harus ada dua pilot yang menjaga pesawat setiap saat dalam keadaan darurat. Pilot juga diizinkan membawa bekal makan siang mereka sendiri di atas pesawat.

“Pilot dan kapten juga makan makanan yang berbeda untuk mencegah keduanya jatuh sakit dalam keadaan darurat,” kata dia dilansir dari nypost, Selasa, 18 September 2018.

Hal ini sangat serius, dan jika salah satu pilot jatuh sakit, kru memiliki strategi pendaratan darurat khusus. Mereka menambahkan, semua pilot dilatih untuk menangani pilot incapacitation event di mana pilot lain tidak dapat melanjutkan tugasnya dalam penerbangan.

“Kami kemudian akan menerbangkan pesawat (solo) dan mengalihkan ke bandara terdekat dan paling cocok.”

Menurut mereka, pendaratan darurat hanya akan terjadi jika ada cara yang sangat panjang ke tujuan akhir. Jika tidak lama lagi untuk terbang, pilot akan menerbangkan pesawat ke tempat yang seharusnya dituju. (IMN/Viva.co.id)

Share :
You might also like