Putri Duta GenRe yang Jago Main Basket

Meskipun masih sangat muda, 18 tahun, Tiara Intania sudah menjadi salah satu sosok yang menginspirasi jutaan wanita muda di Indonesia, terutama di kampung halamannya sendiri. Pasalnya, dara manis kelahiran Sungai Tambang, 6 Maret 2000, ini telah mengharumkan nama daerah tempat tinggalnya di kancah nasional dengan menjadi pemenang di ajang pemilihan Putri Duta Generasi Berencana (GenRe) Kabupaten Sijunjung Tahun 2018.

Tak cuma sampai di situ, pada Mei 2018 pun Intan –nama panggilan akrabnya— kembali terpanggil untuk tampil di ajang yang lebih tinggi dan lebih bergengsi, yakni Apresiasi Duta Genre Sumatera Barat 2018 yang digelar di Kota Padang.

“Alhamdulillah, kesempatan ini merupakan berkah dari Allah. Prestasi ini saya persembahkan untuk kedua orang tua saya agar mereka bangga,” tutur pemilik tinggi badan 164 cm dan berat badan 54 kg ini kepada Airmagz beberapa waktu lalu.

Bisa dibilang, Intan adalah gadis yang tak suka diam di rumah. Olahraga basket dan Pramuka selalu mengisi waktu luangnya. Banyak hal positif yang ia dapat dari dua hobinya tadi. Salah satunya, dipercaya untuk mengikuti berbagai kompetisi basket di luar sekolah. Contohnya, mewakili Kabupaten Sijunjung di ajang PORPROV ke-14. “Alhamdulillah, dari kegiatan itu saya bisa mendapatkan uang jajan sendiri,” ungkapnya.

Intan juga mengaku mendapatkan banyak pelajaran dari kegiatan Pramuka. “Dulu saya sangat pemalu, apalagi untuk bicara di depan banyak orang. Di pramuka saya dididik menjadi pemberani. Hasilnya, sekarang saya selalu siap bila diamanahkan untuk bicara di depan banyak orang,” ujar lulusan SMK yang bercita-cita menjadi pramugari ini.

Meski demikian, Intan merasa masih memiliki banyak kekurangan. Beberapa di antaranya, ia sering menunda-nunda pekerjaan. “Kalau ada tugas, biasanya saya mengerjakannya pada H-1. Saya sadar itu kebiasan buruk. Tapi entah kenapa saya sangat bersemangat kalau mengerjakan tugas menjelang deadline. Memang agak keteteran sih, tapi alhamdulillah saya selalu bisa,” kenangnya.

Banyak sahabatnya yang heran dan bertanya-tanya, bagaimana bisa Intan mengerjakan tugas di waktu mepet tapi bisa selesai on time. “Saat ditanya, saya selalu jawab itu karena rahmat Allah. Hahaha,” kata perempuan yang ingin suatu hari nanti bisa ikut berperang membela kaum muslimin di Palestina ini. (BD)

Tiara Intania

(Putri Duta GenRe Kab. Sijunjung 2018)

Share :
You might also like