Cegah Terlambat ke Bandara dengan Tips Ini

Jakarta, Airmagz.com – Sebagian kota-kota besar di Indonesia memiliki bandara yang jauh dari pusat kota. Jalanan menuju bandara sudah dipastikan akan macet. Bahkan kemacetan pun biasanya juga terjadi di dalam lingkungan bandara.

Terlebih jika akhir pekan atau sedang musim liburan. Sudah dipastikan bandara dan jalan disekitarnya pasti padat.

Tak mau kan tertinggal pesawat karena telat sampai bandara? Yuk, simak tips ini untuk mengantipasi keterlambatan.

Unduh aplikasi mobile PT Angkasa Pura II

Aplikasi ini sangat membantu Anda mengetahui jadwal penerbangan beserta status real time, informasi toko dan restoran di dalam bandara, informasi transportasi ke bandara, hingga informasi lalu lintas.

Cek kondisi jalan

Pantau terus kondisi jalan menuju bandara. Sehingga Anda bisa mengetimasi waktu yang diperlukan menuju bandara.

Berangkat lebih awal

Tambahkan 1-2 jam waktu Anda dari biasanya. Jadi jika Anda biasanya ke bandara memerlukan waktu satu jam dari tempat tinggal, maka di musim liburan, berangkatlah dua jam lebih awal. Hal ini berlaku walau Anda berangkat di penerbangan pagi sekalipun. Anda tidak akan tahu apa yang terjadi di jalan. Walau perjalanan menuju bandara sepi jika berangkat subuh, namun di lingkungan bandara biasanya sudah padat.

Gunakan transportasi umum

Usahakan menggunakan transportasi umum, seperti damri dan kereta. Penggunaan kendaraan pribadi hanya akan memakan waktu untuk antrean menurunkan penumpang maupun mencari parkir.Jika Anda pergi sendiri, bisa gunakan ojek hingga bandara. Bisa juga naik ojek hingga titik terjauh yang bisa dijangkau ojek sebelum Anda naik taksi masuk tol.

Ketahui terminal keberangkatan

Penting agar Anda tahu terminal keberangkatan pesawat Anda. Sehingga tidak memakan waktu mencari-cari lokasi terminal yang dituju.

Alokasikan waktu tiba hingga boarding

Pastikan Anda tahu aturan boarding dan check-in. Jadi, Anda harus tiba minimal 1-2 jam sebelum boarding. Loket check-in biasanya sudah dibuka satu sampai dua jam sebelum waktu boarding.Namun alokasikan waktu satu jam lagi sebelum batas waktu akhir check-in. Sebab, akan ada antrean panjang saat pemeriksaan bagasi, atrean check-in, maupun antrean mengurus bagasi.

Menginap di bandara

Biasanya ada banyak hotel di seputaran bandara. Anda bisa menginap di hotel-hotel terdekat dengan bandara dan manfaatkan fasilitas shuttle bus yang biasanya dimiliki hotel dekat bandara. Pilihan lain adalah menginap di hotel transit yang memang ada di dalam bandara.

Share :
You might also like