Ditjen Hubud Sediakan Ruang Tunggu Darurat di Bandara Palu

Jakarta, airmagz.com – Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Ditjen Perhubungan Udara mulai melakukan perbaikan sementara Bandara SIS Al-Jufri Palu untuk kenyamanan penumpang. Saat ini tengah dilakukan pengecekan secara intensif terkait peralatan-peralatan yang masih bisa dioperasikan. Selain itu juga dibuat ruang tunggu darurat untuk keamanan dan kenyamanan serta ketertiban para penumpang.

Ruang tunggu darurat yang dapat menampung 70-100 penumpang tersebut terletak di depan ruang kedatangan penumpang. Ruang tunggu dilengkapi dengan tempat duduk dan security check point (SCP) 2 serta gerbang x-ray yang dijaga oleh personil aviation security.

“Kami menyadari kebutuhan masyarakat untuk segera meninggalkan Palu. Para calon penumpang ini membutuhkan penanganan khusus karena kondisi menjadi korban bencana alam. Oleh karena itu kami buat ruang tunggu darurat,” ujar Pelaksana Tugas Dirjen Perhubungan Udara M. Pramintohadi Sukarno.

Pramintohadi yang saat ini berada di Palu bersama dengan Kepala Otoritas Bandar Udara Wil. V Makassar Agus Priyanto memimpin langsung pembenahan sektor transportasi udara di Palu.

Pada apel kesiapan tanggap bencana yang dilaksanakan pagi tadi, Pramintohadi menginstruksikan beberapa hal untuk pemulihan operasional penerbangan di Palu yaitu terkait pemulihan keamanan penerbangan, pemulihan fasiltas airside khususnya runway, memastikan gedung kargo dapat menampung kiriman sumbangan, pembersihan/perbaikan terminal untuk segera difungsikan kembali melayani penerbangan komersil dan terus melakukan koordinasi antar instansi di lapangan.

Terkait dengan pemeriksaan fasilitas terminal bandara, beberapa peralatan sudah siap dioperasikan di antaranya x – ray untuk bagasi, conveyor bagasi, timbangan chek in counter, layar informasi aktif untuk informasi penerbangan arrival dan departure, Flight information display system (fids), Walktrought metal detector (wmtd) dan hand metal serta beberapa kamera cctv yang masih berfungsi. (IMN)

Share :
You might also like