Ingin Cepat Keluar dari palu, Warga kepung Pesawat Hercules

Jakarta, airmagz.com – Ribuan warga merangsek masuk Bandara SIS Al-Jufrie Palu, Sulawesi Tengah, Senin, 1 Oktober 2018. Mereka minta dievakuasi keluar dari Palu dan langsung mendekati pesawat Hercules yang ada di bandara tersebut.

Meski pengamanan dilakukan, tapi petugas TNI tidak dapat menghalau masyrakat yang terus berdatangan ke bandara. Banyak dari mereka meloloksan diri secara paksa agar dapat dievakuasi.

Dari pantuan reporter tvOne, Yasin Idris, tidak sedikit warga yang membawa anggota keluarganya yang sakit dengan menggunakan tandu. Warga juga terlihat membawa barang-barang yang tidak sedikit.

Warga yang telah merangsek masuk langsung menuju pesawat Hercules yang sudah disiapkan untuk mengevekuasi warga. Tapi karena banyak warga yang berada di sekitar pesawat, maka yang telah disiapkan tidak dapat dihidupkan.

Petugas terpaksa harus menghalau dan menjauhkan warga yang tetap ngotot untuk naik pesawat meski kondisinya sudah penuh.

“Pokoknya saya mau keluar dari Palu. Tapi kalau istri saya berangkat lebih dulu saya tidak mau,” kata pria yang berusaha mendekati pesawat.

Karena daya angkut yang terbatas, atau setiap pesawat Hercules hanya mampu mengangkut 250 orang dan pesawat jenis CN hanya dapat mengangkut 50 orang, maka sangat terbatas warga yang dapat diangkut keluar Palu.

Dari pantauan, personel TNI yang melakukan pengamanan di lokasi tidak bisa menahan warga yang berebut masuk. Meski sudah melakukan pengaturan, saat ada informasi ada penerbangan, warga merangsek masuk dan mendekati pesawat. (IMN/Viva.co.id)

Share :
You might also like