Rupiah Melemah, IMF Tetap Puji Ekonomi Indonesia

Jakarta, airmagz.com – Direktur Pelaksana IMF, Christine Lagarde, memberikan pujian kepada pemerintah terkait kondisi ekonomi Indonesia. Hal itu ia sampaikan pada pertemuan IMF-World Bank di Bali, Kamis (11/10).

Lagarde menilai ekonomi Indonesia tetap baik, meski nilai tukar rupiah tengah melemah atau terdepresiasi. Kondisi pelemahan rupiah sudah terjadi sejak awal tahun ini.

“Nilai tukar memang terdepresiasi, tapi begitu juga dengan mata uang lainnya, seperti Australia, Selandia Baru, mereka dengan kisaran yang serupa,” katanya.

Menurut Lagarde, kondisi ekonomi Indonesia positif karena pemerintah berhasil membuat pertumbuhan secara bertahap dari tahun ke tahun. Sedangkan inflasi, cukup terkontrol rendah. Begitu pula dengan tingkat kemiskinan yang konsisten menurun.

“Ini adalah rekam jejak yang sangat baik. Kami memberikan apresiasi untuk kebijakan dan kedisiplinan yang baik, serta keinginan untuk mendorong ekonomi ini,” ujar Lagarde.

Meski begitu, IMF tetap ‘mewanti-wanti’ Indonesia karena kondisi ekonomi global masih penuh ketidakpastian. Hal ini karena ada normalisasi kebijakan moneter di Amerika Serikat (AS) dan kawasan Eropa dalam waktu dekat.

Pemerintah juga mendapat pujian dari Presiden Bank Dunia, Jim Yong Kim. Menurutnya, Indonesia memiliki komitmen besar sebagai tuan rumah meski di tengah bencana gempa. (IY/CNNIndonesia)

Share :
You might also like