Jokowi: Hubungan Negara Maju Seperti Game of Thrones

Jakarta, airmagz.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan sambutan yang tidak biasa saat membuka Annual Meeting IMF-World Bank di Nusa Dua Convention Center, Bali, Jumat (12/10). Ia menyebut bahwa hubungan negara maju seperti “Game of Thrones”.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa negara ekonomi maju telah mendorong negara berkembang untuk turut membuka diri di kancah perdagangan bebas. Hal itu telah memberi banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

Tapi seiring perjalanan, menurut presiden, hubungan antara negara maju justru digambarkan seperti “Game of Thrones”. Menurutnya telah terjadi banyak masalah seperti kekacauan di pasar mata uang.

“Hubungan antara negara-negara maju semakin lama semakin terlihat seperti “Game of Thrones”. Aliansi antar negara maju sepertinya tengah mengalami keretakan. Lemahnya kerjasama dan koordinasi telah menyebabkan banyak masalah,” kata presiden.

“Saat ini kita sedang menghadapi ancaman global yang tengah meningkat pesat. Perubahan iklim, telah meningkatkan intensitas badai dan topan di AS hingga Filipina. Sampah plastik di laut di seluruh dunia telah mencemari pasuokan makanan di banyak tempat. Ancaman global yang tumbuh pesat tersebut, hanya bisa kita tanggulangi jika kita bekerjasama,” lanjutnya.

Selain itu, presiden juga mengajak kepada para peserta pertemuan IMF-WB yang hadir untuk menjaga komitmen kerjasama global. Menurutnya, diperlukan kebijakan moneter dan fiskal yang tepat agar menjaga kestabilan ekonomi dunia.

“Kami bergantung kepada saudara semua, para pembuat kebijakan moneter dan fiskal dunia untu menjaga komitmen kerjasama global. Saya berharap saudara semua akan berkontribusi dalam mendorong para pemimpin dunia untuk menyikapi keadaan ini secara tepat,” kata presiden Jokowi.

“Saya harap pertemuan tahunan ini berlangsung produktif. Saya harap Anda semua mampu menyerap tenaga dan memetik inspirasi indahnya alam Bali dan Indonesia. Untuk menghasilkan kejernihan hati dan pikiran dalam memperbaiki kondisi finansial global untuk kebaikan bersama,” lanjutnya. (IY)

Share :
You might also like