Bos IMF-World Bank Terpukau Pidato Game of Thrones Jokowi

Jakarta, airmagz.com – Pidato Presiden Joko Widodo di pembukaan Annual Meeting IMF-World Bank mendapat sambutan positif dari para peserta. Bahkan mendapatkan pujian dari bos IMF dan World Bank.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa negara ekonomi maju telah mendorong negara berkembang untuk turut membuka diri di kancah perdagangan bebas. Hal itu telah memberi banyak keuntungan bagi kedua belah pihak.

Tapi seiring perjalanan, menurut presiden, hubungan antara negara maju justru digambarkan seperti “Game of Thrones”. Menurutnya telah terjadi banyak masalah seperti kekacauan di pasar mata uang.

Pidato yang tak biasa itu mendapatkan standing applause dari para peserta yang hadir. Bahkan, bos IMF, Christine Lagarde, memuji pidato tersebut dan mengucapkan terima kasih atas kinerja Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan IMF-WB.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan khusus kepada tuan rumah Indonesia, terutama Bapak Presiden Jokowi, Bapak Menteri Luhut, Ibu Menteri Keuangan Sri Mulyani, Bapak Gubernur (Gubernur BI Perry) Warjiyo, dan kepada pemimpin negara-negara ASEAN, yang bersama kita pada pagi ini,” kata Lagarde.

Menurutnya, para pemimpin Indonesia telah bekerja keras dalam beberapa hari terakhir. Meski tengah diterpa musibah bencana, Indonesia tetap bisa melayani para peserta pertemuan dengan baik.

“Para pemimpin telah bekerja keras untuk mengurangi penderitaan para korban musibah-musibah tersebut. Meski demikian, mereka masih terus menunjukkan kebaikan, keramahtamahan, dan semangat kemurahan hati mereka,” tambahnya.

“Saya juga berterima kasih kepada Presiden, telah menyampaikan pidato yang sangat baik. Kami begitu kurang berhasil untuk menyampaikan hal yang sama,” ujarnya.

Pujian juga datang dari Presiden Bank Dunia, Kim Yong Jim. Ia mengaku ingin segera mengakhiri pertemuan dan pulang karena tak bisa memberikan pidato seperti Presiden Jokowi.

“Saya harus akui, ketika mendengar sambutan Presiden Joko Widodo, saya berpikir, sebaiknya kita pulang, karena tidak bisa memberikan pidato yang baik seperti Joko Widodo,” kata Jim. (IY)

Share :
You might also like