KPMI, Komunitas Pengusaha Muslim Yang Solid Hadir di Trade Expo BSD City

Tangerang, Airmagz.com-Tidak banyak komunitas di Indonesia yang bisa solid dan kompak seperti Komunitas Pemgusaha Muslim Indonsia (KPMI), bagaimana tidak dengan kurang lebih 50 ribu anggota yang berbeda-beda bidang usahanya, bisa terus eksis dalam sejumlah event, bukan hanya untuk berpromosi tapi juga bagaimana menjalin silaturahim dengan pelanggannya.

“Kami punya anggota sedikitnya 50 ribu orang yang tersebar di 36 Cabang Kabupaten/Kota di Indonesia dan 3 Cabang di luar negeri yakni Doha, Jeddah serta Kairo,” kata Ketua KPMI Rachmat Sutarnas Marpaung saat berbincang-bincang ringan bersama Airmagz, Rabu (24/10) di stand KPMI, area hall 1-3 pameran perdagangan terbesar Trade Expo Indonesia, ICE BSD City yang berlangsung 24-28 Oktober 2018.

Rachmat mengungkapkan KPMI yang terbentuk sejak 2005 ini juga tengah diminta untuk membuka Cabang di Tokyo, Seoul juga Kuala Lumpur. Hal ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bahwa pengusaha-pengusaha muslim Indonesia telah banyak tersebar di berbagai kota di Dunia, seiring dengan makin boomingnya ekonomi syariah sebagai sebuah sistem yang diyakini bisa memberikan banyak manfaat sekaligus beramal dan beribadah.

Menurutnya KPMI memang terbentuk atas dasar saling tolong menolong juga gotong royong. Para pengusaha muslim yang tergabung dalam KPMI bisa belajar banyak hal bukan hanya soal bagaimana berbisnis yang baik juga sukses, tapi juga bagaimana berbisnis yang sesuai syariah.

“Sesuai syariah misalnya bagaimana menghindari riba, bagaimana transaksi yang syariah itu hingga bagaimana seorang entrepreneur muslim ingin berusaha sekaligus berhijrah sepenuh hati dan jiwa sesuai tuntunan Islam. Jadi syaratnya bergabung dengan KPMI ringan, yakni punya usaha kemudian mau belajar, ngaji kemudian saling tolong menolong, itu saja,” tutur Rachmat.

Karena niat dan prinsip KPMI sejak awal terbentuk itulah, Rachmat mengaku anggota yang bergabung tidak dibebani dengan biaya keanggotaan atau iuran organisasi seperti yang lainnya. Biaya hanya keluar jika anggota akan mengikuti pelatihan yang diadakan KPMI atau bersama-sama mengikuti sebuah event guna berpromosi bersama.

Rachmat berharap KPMI bisa terus eksis memberikan manfaat bukan hanya untuk anggotanya tapi untuk bangsa dan negara ini. Guna mewujudkan eksistensi dan soliditasnya KPMI selalu rutin mengadakan evaluasi dan rapat mingguan yang digelar di masing-masing koordinator wilayah (Korwil) juga Sekretariat KPMI, serta pertemuan tahunan.(TM)

Share :