Empat Tahun Pemerintahan Jokowi, Indonesia Ekspor Kereta dan Pesawat

Jakarta, airmagz.com – Pemerintah terus mendorong kerja sama di sektor ekonomi dengan berbagai negara. Langkah ini menjadi bagian untuk mendorong roda ekonomi nasional.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, pemerintah melakukan diplomasi ekonomi ke berbagai negara agar manfaatnya bisa dirasakan masyarakat.

“Diplomasi ekonomi merupakan diplomasi yang dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat kita,” kata Retno dalam acara 4 Tahun Kerja Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla di Kementerian Sekretariat Negara Jakarta, Kamis (25/10/2018).

Retno menjelaskan, diplomasi pemerintah membuahkan hasil seperti terbukanya akses pasar non tradisional seperti Afrika, Asia Selatan, Asia Tengah, hingga Amerika Latin.

“Bisa dibayangkan bahwa untuk pertama kalinya Indonesia membuat acara Indonesia-Afrika forum dalam 2 penyelenggaraan terdapat deal bisnis US$ 2 miliar,” ungkapnya

Lalu, meningkatnya ekspor produk-produk buatan Indonesia seperti kereta dan pesawat.

“Banglades kita sudah menjual 450 gerbong kereta, Thailand gerbong kereta juga dan pesawat NC 212 i. Filipina gerbong, Sudan kita sedang dijajaki gerbong kereta, Senegal pesawat, dan juga saat kita saat ini mengerjakan pembangunan infrastruktur di Benua Afrika,” jelasnya.

Tak hanya itu, Retno juga menuturkan, diplomasi ekonomi berhasil membuka penerbangan Indonesia-Eropa. Menurutnya, hal itu merupakan yang panjang.

“Untuk pertama kalinya juga seluruh penerbangan Indonesia, seluruh maskapai Indonesia dicabut larangan terbangnya oleh dari Uni Eropa. Ini perjuangan yang sangat panjang yang kita selesaikan,” tutupnya. (IMN/Detik.com)

Share :
You might also like