Tambah Empat Pesawat, AirAsia Belum Tentukan Rute Penerbangan

Jakarta, Airmagz.com – Maskapai AirAsia Indonesia akan mendatangkan dua pesawat berbadan sempit (narrow body) sekelas Airbus 320 dan dua pesawat berbadan lebar (wide body) Airbus 330. CEO Grup AirAsia untuk Indonesia Dendy Kurniawan mengungkapkan, terkait rute, apakah akan jadi penerbangan domestik atau internasional, untuk pesawat baru itu masih akan disesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

“Setiap tahun kita selalu berusaha untuk menambah (pesawat), 2016 ini masih konsolidasi tapi ke depannya kita siap mulai ‘growing’ (tumbuh) lagi untuk tambah pesawat lagi, kemungkinan besar empat pesawat,” katanya Dendy usai peluncuran buku di Tangerang, Selasa (8/11/2016).

Meskipun, lanjut dia, saat ini rute-rute AirAsia didominasi rute internasional, namun maskapai itu tetap mengincar rute-rute domestik yang potensial untuk mendukung sektor pariwisata dengan target pemerintah mendatangkan 20 juta wisatawan mancanegara pada 2019.

“Memang kami sekarang dominan di internasional, bukan berarti kami menganaktirikan domestik, kalau internasional ‘grow’ (tumbuh) 20 persen, domestik juga kita usahakan tumbuh dengan kerja sama karena saling integrasi,” katanya.

Dia menyebutkan dengan bertambahnya empat pesawat di tahun depan, maka jumlah pesawat yang dioperasikan menjadi 28 pesawat, yaitu 24 pesawat berbadan sempit dan empat pesawat berbadan lebar.

Terkait tingkat keterisian penumpang (load factor), Dendy mengatakan rata-rata sepanjang 2016 adalah 83 persen dan akan meningkatkan hingga 85 persen pada 2017 baik untuk domestik maupun internasional.

Share :
You might also like