​​​​ Pasca Tragedi Lion Air, Kemenhub Perketat Ramp Check Pesawat

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menginstruksikan Otoritas Bandara Indonesia untuk meningkatkan dan memperketat kegiatan ramp check terhadap pesawat. Hal itu menyusul kecelakaan pesawat Lion Air JT 610 di Tanjung Karawang.

Plt. Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub, M Pramintohadi Sukarno mengatakan seluruh inspektur kelaikan udara dan pengoperasian yang berada di kantor Otoritas Bandara Indonesia agar meningkatkan ramp check secara berkala. Pengecekan pada permasalahan seperti trouble shooting, kesesuaian prosedur, dan implementasi pelaksanaan serta kelengkapan peralatan.

Selain itu kompetensi kemampuan manajemen operator, kompetensi dan kualifikasi SDM yang bertugas di bidang maintenance juga harus ditingkatkan. 

“Pengecekan dilakukan Otoitas Bandara di wilayah 1, 2, 3, 4 dan 5. Pelan-pelan kita akan masuk ke wilayah enam sampai sepuluh,” kata Pramintohadi di kantor Kemenhub, Jumat (2/11).

Menurutnya, kegiatan ramp check diawali di lima Otoritas Bandara yang meliputi, wilayah 1 atau Bandara Soekarno Hatta, wilayah 2 atau Bandara Kualanamu, wilayah 3 atau Bandara Juanda, wilayah 4 atau Bandara Ngurah Rai, dan wilayah 5 atau Bandara Hassanudin. Selanjutnya, hasil ramp check akan dilaporkan oleh Kepala Otoritas Bandara kepada Direktur Kelaikan Udara dan Pengoperasian.

“Apabila kita temukan masalah teknis mengacu pada manual pabrik, pembuat pesawat, maka Dirjen Perhubungan Udara akan mereview ulang pengoperasian pesawat sampai dengan proses penyelesaian masalah teknis dapat diselesaikan,” katanya. (IY)

Share :
You might also like