Citilink Maskapai Pertama Terapkan Teknologi EFB di Indonesia

Jakarta, Airmagz.com – Maskapai Citilink Indonesia anak perusahaan PT Garuda Indonesia Group (Persero) terapkan Electronic Filght Bag (EFB) untuk menggantikan buku manual di setiap pesawatnya, di Citicon, Jakarta, Kamis (10/11)

Dengan mengunakan EFB Citilink Indonesia menjadi maskapai pertama yang menggunakan teknologi EFB hal ini merupakan upaya menjadi maskapai berbasis teknologi informasi demi mewujudkan penerbangan yang efisien dan ramah lingkungan.

Direktur Oprasional Citilink Indonesia, Hadinoto Soedigno mengatakan, kalau selama ini di setiap penerbangan pilot selalu membaca buku manual di kokpit untuk data pesawat mereka, maka dengan EFB akan mempermudah pekerjaan mereka selama memandu pesawat ke tujuan.

Selain untuk memudahkan pekerjaan para pilot dalam menjalankan tugasnya selama penerbangan, EFB juga mengurangi penggunaan kertas dalam buku manual yang selalu diperbaharui.

Adapun penerapan EFB pada pesawat Citilink ini diterapkan mulai 10 November 2016. “Dengan mudahnya mengakses informasi penerbangan yang diperlukan oleh awak penerbang sangat penting dalam memastikan operasional yang fleksibel,” kata Hadinoto.

Perangkat EFB sendiri merupakan perangkat tablet yang memuat kumpulan dokumen manual pesawat digital yang dibutuhkan para awak penerbangan pada seluruh pesawat yang di operasikan oleh Citilink Indonesia. (Baca Juga: Ulang Tahun ke-13, Sriwijaya Air diajak Perhub Udara Tingkatkan Keselamatan Penerbangan)

Sementara itu CEO Citilink Indonesia, Albert Burhan mengatakan, EFB bisa menjadi standar penerbangan di Indonesia. Ia berharap maskapai lain bisa mengikuti langkah Citilink. “Kalo di luar negeri kan udah banyak juga yang menggunakan ini (EFB), kalo Indonesia sendiri kan baru Citilink, kata Burhan.

Sebelumnya penerapan EFB telah diajukan ke Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) Kementerian Perhubungan RI sejak 10 November 2015. Setelah melalui rangkaian evaluasi yang mendalam dari inspektorat DKPPU, Citilink Indonesia menjadi maskapai Indonesia pertama yang menggunakan teknologi EFB ini.

Share :
You might also like