Hari Jadi Ke 130, Pemkot Selenggarakan Sawahlunto Multicultural Festival

Jakarta, airmagz.com – Pemerintah Kota Sawahlunto melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga menyelengarakan event Sawahlunto Multicultural Festival dalam rangka menyambut hari jadi Kota Sawahlunto yang ke 130 tahun,1 Desember 1888 – 1 Desember 2018, di Kampung Teleng, Kelurahan Pasar, Kecamatan Lembah Segar, mulai 25 November hingga 1 Desember 2018 mendatang.

Efrianto, S.Sos,MM, Kadispar Pemuda dan Olahraga, didampingi Kasi Pemasaran dan Kerjasama Pariwisata Riza Anggraini, ST, M.Par  kepada  Rakyat Sumbar kemarin siang mengatakan, berbagai event kebudayaan diselenggarakan untuk menyambut hari jadi Kota Sawahlunto yang ke 130 seperti pagelaran kuda kepang Subur Budaya di Silungkang, kuda kepang Harapan Jaya di Muaro Kalaban, Kuda kepang KI Sapu Jagat di Desa Sijantang, Kuda Kepang Bima Sakti di Kelurahan Durian II, kuda kepang Mekar Budaya di Lembah Segar, dan kuda kepang Bina Satria di terminal Talawi.

Disamping itu, kata dia, pihak panitia juga menampilkan berbagai pagelaran sanggar tari canang badantiang, etnic perkusi Padangpanjang, sangar puti limo jurai dari Bukittinggi, dan berbagai kesenian dari anak nagari Talawi, Nagari Kubang, sangar Parmato Hitam, kesenian Nagari Lunto, kesenian Nagari Kajai, Kolok, Darak badarak Pariaman, kesenian nagari Talago Gunung, Nagari Sijantang, Nagari Lumindai, kesenian Batak, Paguyuban Sunda, paguyuban Jawa, Nagari Silungkang, SDN 13 Pasar Remaja, sanggar Malakutan Bunian, serta kolaborasi musisi band Sawahlunto.

“Pada hari puncak 1 Desember akan digelar ritual makan bajamba di Lapangan Segitiga Kantor UPO, kemudian hoyak tabuaik PKDP di GPK, barongsai HTT Padang di lapangan Ombilin, dan sorenya kuda kepang Kalimasodo ditempat yang sama” ungkap Efrianto.

Dikatakannya, pagelaran lain yang sudah dilakukan sebelumnya adalah Sawahlunto Poetry Reading Fest2 di Batu Runcing di Desa Silungkang Oso (7-9/11), Sawahlunto Balega (9-10/11), Road Race Championship (11/11), dan Tablig Akbar bersama Ustadz Abdul Somad (19/11), dan Festival Multikultural yang berlangsung 25-30 November nanti. Sementara untuk event pada Desember nanti bias disaksikan lounching destinasi digital Pasar Silo (2/12), Pacu kuda Sawahlunto Derby di Kandi (2/12), pacu anjing di Lapangan Ombilin (5-7/12), lomba burung bakicau (9/12), dan para layang (9/12).

“Dengan berbagai rangkaian kegiatan tersebut, semarak hari jadi Kota Sawahlunto akan lebih menarik untuk disaksikan bersama. Silahkan datang berwisata ke Sawahlunto karena kami selalu menanti. Jika ingin bermalam menikmati suasana kota tua dimalam hari, kamipun mengajak bersenang diri tidur di homestay dan hotel yang telah tersedia” tukuk Riza. (iyd)  

Share :
You might also like