Bau di Kabin, Garuda Indonesia Return To Base

Jakarta, airmagz.com – Kabin pesawat Garuda Indonesia (GA) 502 Jakarta-Pontianak dikabarkan sempat berasap pada Senin (3/12/2018). Hal itu disampaikan pertama kali oleh seorang warganet, Dirga Sakti Rambe melalui akun Twitternya, @dirgarambe.

Ia menjelaskan kendati ada asap namun dirinya tak melihat adanya sumber api.

Pesawat pun kembali ke bandara asal (return to base atau RTB), Soekarno-Hatta.

“Pagi ini naik @IndonesiaGaruda GA 502 Jakarta – Pontianak. Baru 5 menit mengudara, kabin dipenuhi asap. Tidak ada sumber api yg terlihat. Awalnya diduga ada trouble pd engine kanan, namun sepertinya bukan,” tulisnya pada Senin (3/12/2018).

“Kami landing kembali di Soetta dng selamat. cc: @GerryS,” sambungnya.

Warganet tersebut menambahkan, suasana saat RTB cukup menegangkan.

“Sampai seluruh penumpang turun, sumber api belum berhasil diketahui. Saya duduk di seat 30 K/emergency exit.”

“Lumayan menegangkan di atas tadi, terutama saat pilot return to base. Berasa ‘syuuttt’ spt turun dr ketinggian dng cepat. All is well. Alhamdulillah,” imbuhnya.

Setelah menunggu, akhirnya penumpang diberangkatkan kembali dengan pesawat yang berbeda.

“Penumpang GA 502 diberangkatkan kembali dng pesawat yg berbeda. Seluruh kru jg beda. Boarding nih, PK GFO. Bismillah,” paparnya.

Pada sekira pukul 13.30 WIB, warganet itu menyatakan sudah selamat sampai Pontianak.

“Alhamdulillah. Sudah mendarat dng selamat di Pontianak. Disambut gerimis & perut yg keroncongan. Makan di pesawat berasa kayak snack aja hahaha.. Terima kasih atas doa & perhatian kawan-kawan semua,” ungkapnya.

Tanggapan pihak Garuda Indonesia

Sementara itu dilansir dari Tribunnews.com, pihak Garuda Indonesia membantah adanya api atau asap di kabin pesawat setelah para petugas melakukan pengecekan di lapangan.

Hal itu disampaikan oleh Ikhsan Rosan, VP Corporate Secretary Garuda Indonesia.

“Hanya saja, seperti tercium bau dari kargo, dan saat ini kargo pesawat sedang diperiksa,” ujar Ikhsan kepada Tribunnews.com, Senin (3/12/2018).

Hingga saat ini, pesawat Boeing 737-800 NG tersebut masih dalam tahap pemeriksaan.

Ikhsan juga mengatakan, seluruh penumpang sudah kembali diberangkatkan ke Pontianak dengan nomor penerbangan yang sama yaitu GA 502, tapi dengan pesawat berbeda.

“Sebanyak 129 orang penumpang ekonomi dan 1 orang penumpang bisnis sudah diberangkatkan pada pukul 11.30 WIB,” terang Ikhsan.

“Dan selama menunggu di bandara Soekarno Hatta, penumpang juga mendapatkan kompensasi, atau delay manajemen diterapkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” pungkasnya. (IMN/tribunnews.com)

Share :
You might also like