Saatnya Indonesia Tingkatkan Konektivitas Antar Pulau

Jakarta, AIRMAGZ – Indonesia dinilai sudah saatnya meningkatkan konektivitas antar pulau untuk pengembangan wisata bahari sebagai salah satu upaya menggenjot dan memeratakan kunjungan wisatawan ke seluruh pelosok Tanah Air.

Menteri Pariwisata Arief Yahya dalam Seminar Forum Wartawan Pariwisata bertema “Peningkatan Konektivitas Antar Pulau-Pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari” yang digelar di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Rabu (10/3), mengatakan wisata bahari di Indonesia hanya menyumbangkan devisa 10 persen dari total sektor pariwisata.

“Padahal Malaysia, wisata baharinya sudah menyumbangkan 40 persen,” katanya.

Ia menambahkan banyak negara lain yang sudah mampu mengoptimalkan wisata baharinya termasuk Australia yang garis pantainya hanya 2.000 km tapi bisa meraup devisa dari wisata bahari hingga 300 miliar dolar AS.

“Garis pantai Indonesia mencapai 100 ribu km tapi devisa wisata bahari kita hanya 1 miliar dolar,” katanya.

Menurut dia, ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam pengelolaan wisata bahari di Indonesia agar mampu mendatangkan devisa yang lebih besar.

Pihaknya siap bekerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan termasuk komunitas media dan maskapai penerbangan untuk menggenjot kinerja wisata bahari di Indonesia termasuk untuk meningkatkan konektivitas antar pulau-pulau di Indonesia untuk pengembangan wisata bahari.

Pada kesempatan yang sama Ketua Forum Wartawan Pariwisata (Forwarpar) Tri Wibowo mengatakan untuk mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara (wisman) pada 2019 salah satu hal yang bisa dilakukan yakni mengembangkan dan mempromosikana wisata bahari mengingat potensi yang dimiliki Indonesia cukup besar sebagai negara kepulauan.

“Aksesibilitas merupakan kunci utama untuk pengembangan pariwisata dengan konektivitas yang memadai, diharapkan bisa menggenjot kunjungan wisatawan, selain juga menyebarkan wisatawan yang terkonsentrasi di Bali agar misi program Beyond Bali bisa terwujud,” katanya.

Ia menyoroti pentingnya peran media dalam memberikan informasi wisata yang tepat kepada masyarakat termasuk dalam hal upaya pemerintah, maskapai penerbangan, dan industri pariwisata khususnya wisata bahari.

Pada kesempatan yang sama hadir Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Handayani dan Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani. (tomo)

Share :
You might also like