Pesawat Southwest Tergelincir di Bandara Hollywood Burbank

Jakarta, airmagz.com – Pendaratan Southwest Airlines berakhir tergelincir di ujung landasan Bandara Hollywood Burbank pada Kamis pagi. Penerbangan pun banyak dibatalkan dan ditunda.

Penerbangan Southwest 278, yang berangkat dari Oakland akhirnya berguling di ujung landasan, bergerak menuju pagar. Penyebabnya, terjadi hujan badai yang parah saat pendaratan pesawat.

Tidak ada korban luka yang dilaporkan di antara 112 penumpang dan lima anggota awak di pesawat, kata maskapai itu. Namun foto-foto yang beredar menunjukkan, betapa dekatnya bencana penerbangan.

Sistem Penahan Bahan Rekayasa (EMAS) digunakan untuk menghentikan pesawat, kata FAA. Gambar menunjukkan, pagar perimeter bandara hanya berjarak beberapa meter.

EMAS dirancang untuk secara aman menghentikan pesawat yang melampaui landasan pacu, menurut situs web FAA.

Untungnya, tidak ada yang terluka. Tetapi penumpang mengatakan, itu lebih mengejutkan setelah mereka turun dari pesawat dan melihat di mana pesawat itu berakhir.

“Mereka mengatakan pemutusan akan sulit. Pendaratannya agresif dan menakutkan, tetapi tidak terlalu buruk,” kata seorang pria kepada Fox LA. “Tapi ada benjolan besar di bagian akhir. Dan kami tidak tahu apa yang terjadi sampai ada lumpur dan rumput memenuhi jendela, dan kami berada di ujung landasan dekat sekali dengan tempat di ujung jalanan.”

Orang lain dalam penerbangan yang tidak disebutkan namanya, juga memiliki pengalaman serupa. “Itu bergelombang tetapi tidak berbeda dengan pendaratan turbulen lainnya. Itu benar-benar lancar – tetapi yang lebih mengejutkan ketika tahu di mana pesawat itu berakhir,” ujar penumpang itu.

Southwest Airlines, yang memiliki landasan sendiri di Hollywood Burbank, akhirnya membatalkan semua penerbangan mereka di bandara sampai jam 3 sore pada hari Kamis.

Penumpang Moe Storch mentweet pesawat Southwest dari Oakland ke Burbank muncul ke pesawat terbang setelah mendarat di landasan basah.

Pilot mendapatkan kembali kendali dan hit rem, dorong mundur, tepat pada waktunya.

Dia memuji pilot untuk mendapatkan kembali kendali atas Boeing 737.

Menanggapi tweet-nya, pengguna Twitter Megan Pepper mengatakan dia melihat insiden itu dan takut pesawat itu akan jatuh.

Dalam balasan di Twitter yang telah dihapus, Southwest mengatakan: “Kami memiliki beberapa pilot yang benar-benar hebat yang menjamin keselamatan pelanggan kami! Kami berharap kami dapat menyambut Anda lagi segera. Moe”

Southwest memiliki 57 keberangkatan setiap hari dari Burbank. California menjadi pasar utama bagi maskapai itu, dengan layanan dari bandara naik dan turun pantai dan pedalaman.

Hujan melanda California selatan, dan bandara telah mengeluarkan prakiraan cuaca untuk pelancong pada hari Rabu. (IMN/Rakyatkunews.com)

Share :
You might also like