Garuda Siap Dukung Pengembangan Wisata Bahari

Jakarta, AIRMAGZ – Garuda Indonesia menyatakan diri siap mendukung pengembangan wisata bahari di Indonesia melalui peningkatan konektivitas antar pulau-pulau khususnya di wilayah timur Indonesia.

“Kami siap mendukung pengembangan wisata bahari dan sejumlah hal telah kami lakukan khususnya meningkatkan konektivitas di wilayah Indonesia timur,” kata Direktur Niaga PT Garuda Indonesia Handayani di Jakarta, Rabu (10/3), dalam acara Seminar Forum Wartawan Pariwisata bertema Peningkatan Konektivitas Pulau-Pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari.

Ia mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk menyediakan lebih banyak koneksi di wilayah Indonesia Timur sebagai salah satu dukungan terhadap program pemerintah yakni memperluas jaringan di luar Bali atau Beyond Bali.

Ia mencontohkan pihaknya telah meningkatkan frekuensi penerbangan dari Makassar ke Jakarta, Surabaya dan Denpasar.

“Kami juga menggunakan pesawat-pesawat kecil untuk membuka lebih banyak rute untuk mengoneksikan kota-kota sekunder ke kota hub dengan pesawat berjenis ATR dan CRJ,” katanya.

Selain itu maskapai juga terus mengembangkan rute nonstop ke Jakarta secara langsung.

Handayani menambahkan pihaknya juga sedang mengembangkan fasilitas penerbangan khususnya di Indonesia Timur yakni Makassar sebagai hub dalam hal pelatihan dasar kru, maintenance dan kargo.

“Kami terus berkoordinasi dengan Citilink untuk mengembangkan kawasan Indonesia Timur secara lebih luas sebab untuk wisata bahari tidak ada yang lebih indah selain di Indonesia Timur,” katanya.

Garuda pada awal Februari 2015 juga sudah secara resmi melayani rute penerbangan baru Kuala Namu – Sabang pp menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 terbaru dengan kapasitas sebanyak 70 penumpang (semua kelas ekonomi).

Penerbangan baru ke Sabang ini menjadi tonggak baru bagi Indonesia karena saat ini wilayah paling barat Indonesia ini sudah terhubung melalui jaringan penerbangan Garuda Indonesia dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia, bahkan hingga ke wilayah paling Barat Indonesia.

Garuda telah melayani penerbangan ke 60 destinasi domestik di Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, dimana layanan Garuda tersebut telah meningkatkan konektivitas dan menghubungkan seluruh kepulauan Indonesia mulai dari yang paling barat hingga paling timur.

Sebelumnya, untuk peningkatan konektivitas di pulau Kalimantan, pada November lalu, Garuda Indonesia juga telah menghubungkan kota-kota Balikpapan – Palangkaraya – Pontianak dan Putussibau dengan ATR72-600, serta bulan Desember 2014.

Garuda Indonesia juga telah menghubungkan Ambon dengan Ternate, Saumlaki dan Langgur di kepulauan Maluku. Maskapai itu juga telah menghubungkan Bali dengan kota-kota di NTB dan NTT seperti Lombok, Bima, Ende, dan Labuan Bajo.

Share :
You might also like