Rotary Club of Jakarta Gambir: yang Jauh Mendekat, yang Dekat Merapat

Jakarta, airmagz.com – Pada umumnya, sebuah organisasi fokus pada kaderasi. Mereka berusaha kuat untuk menjaring anggota baru, guna meneruskan tongkat estafet roda organisasi. Akan tetapi, hal tersebut tak terjadi pada Rotary Internasional, dalam hal ini Rotary Club ( RC) of Jakarta Gambir, salah satu subcabang dari Rotary Internasional, fokus untuk mempertahankan anggota sekaligus menjaring anggota baru.

“Kami mempunyai program yang namanya presidential citation. Setiap club diharuskan menambah member dalam waktu satu tahun. Bukan hanya itu, namun kita juga mempertahankan yang ada. Jadi, jangan nanti nambah satu member dan berkurang sepuluh member,” ujar District Governor Rotary Indonesia, Jemaat Jusuf, saat ditemui reporter Airmagz pada acara meeting, fellowship, and christmast party RC Jakarta Gambir, Senin (17/12).

Oleh sebab itu, jangan heran, bila, organisasi yang memiliki strategic plan fellowship, integritas, diversity, humanitarian services, dan public images ini, dihiasi oleh para anggota yang sudah lanjut usia. Hal itu tak lain berkat komitmen dan strategi presidential citation, menambah dan mempertahankan anggota yang ada.

Hingga kini, tercatat, organisasi yang berpusat di Amerika Serikat ini, sudah memiliki anggota aktif kurang lebih 1.2 juta member di 150 negara di seluruh dunia, 539 distrik, dan 35 ribu club.

Rotary International sendiri adalah organisasi kemanusiaan yang didirikan pada 1905 oleh Paul Harris, di Chigago, Amerika Serikat. Secara struktur, pimpinan tertinggi Rotary Internasional diketuai oleh presiden Rotary Internasional. Kemudian, untuk tingkatan di bawahnya, yakni distrik, diketua oleh District Governor, yang ditunjuk langsung dari presiden Rotary Internasional. Adapun pucuk pimpinan tertinggi di bawah DC adalah presiden club, yang memimpin club-club rotary.

Sistem perekrutan di organisasi yang memiliki motto self above service ini, juga tergolong unik. Anggota baru dapat bergabung apabila mendapat rekomendasi dari anggota yang ada. Selain itu, semangat kemanusiaan yang diusung, juga mengharuskan setiap anggota menyumbang sekurang- kurangnya 100 dollar AS, pertahun.

Selanjutnya, dana yang terkumpul, akan disumbangkan ke Rotary Internasional untuk disalurkan kembali ke berbagai proyek kemanusiaan.

“Uangnya pasti akan kita kembalikan untuk kegiatan-kegiatan kemanusiaan dan service lainnya. Misalnya bencana di Palu-Donggala, dari Rotary Internasional kami mengirimkan 630 tenda, 1000 net nyamuk, dan 1000 filter air bersih,” pungkasnya. (AH)

Share :
You might also like