Terbiasa Hadapi Ekstremnya Langit Papua

Menyukai kegiatan yang memicu adrenalin, berpindah-pindah tempat, dan bertemu dengan orang-orang baru serta budaya baru adalah rentetan alasan Widhi Utami memilih pilot sebagai profesinya saat ini. Perempuan kelahiran Bukittinggi, 13 Agustus 1991 ini merasa mantap menjadi penerbang di Dimonim Air sejak tahun 2016, setelah sebelumnya puas berkarir sebagai pramugari di Garuda Indonesia selama tiga tahun.

Saat masih menjadi pramugari, Widhi sering membawakan keluarganya oleh-oleh makanan khas dari negara-negara atau kota-kota yang ia kunjungi. “Tapi setelah menjadi pilot di Papua, saya jadi sering bawa makanan khas dari daerah pedalaman,” tutur putri dari pasangan Drs. I Nyoman Suartha dan Lismanizar ini kepada Airmagz.

Ihwal tugasnya sebagai penerbang pesawat jenis Twin Otter DHC-6-300 di Papua yang medannya didominasi pegunungan, Widhi mengaku sudah terbiasa menghadapi cuaca yang bisa berubah dengan sangat cepat, bahkan cuaca esktrem sekalipun. Pernah, akibat ulah cuaca yang tak menentu, ia harus bermalam di sebuah distrik bernama Beoga di daerah pegunungan Kabupaten Puncak, Papua.

“Pas pergi, cuaca bagus. Tapi pas mau terbang pulang ke base, cuaca memburuk, banyak awan, dan gelap. Demi keselamatan, saya dan captain harus menginap di sana, di antara camp-camp tentara dan rumah-rumah adat Papua yang sangat sederhana,” kenangnya.

Gadis yang gemar mengendarai motor sport ini juga bercerita, di daerah pegunungan Papua, kondisi bandara-bandaranya sangat sederhana. Kebanyakan runway-nya pun pendek-pendek dengan permukaan yang hanya tanah dan kerikil. Bahkan di sana setiap pilot dianjurkan membawa baju cadangan dan obat-obatan sendiri sebagai antisipasi bila tidak bisa pulang ke base.

“Semua itu menjadi pengalaman yang unik, yang membuat saya selalu bersyukur. Saya merasa Tuhan selalu sangat baik kepada saya karena telah memberikan jalan hidup yang unik, menarik, dan tidak membosankan, sampai-sampai membuat saya lupa mencari jodoh, hahaha,” kata dara manis yang ingin sekali mendaki Gunung Cartenz bersama pasangannya ini. (BD)

Widhi Utami

(Pilot Dimonim Air)

Share :
You might also like