April 2019, Starship Milik SpaceX Siap di Uji Coba

Jakarta, airmagz.com – SpaceX bakal memulai uji penerbangan Starship lebih cepat dibandingkan perkiraan. Starship adalah wahana antariksa terbesar yang pernah dibuat SpaceX. Starship punya misi untuk mengantarkan manusia ke Mars.

Kini sang pendiri SpaceX, Elon Musk berharap segera melakukan presentasi teknis untuk Starship setelah uji coba. Dilansir dari Engadget (25/12), pengujian tersebut kemungkinan akan dilaksanakan pada bulan Maret atau April 2019.

Musk menyatakan bahwa wahana antariksa tersebut akan memiliki lebar seperti Starship versi final dengan ukuran 10 meter. Kendati begitu, Starship yang akan diuji coba ini akan lebih pendek dari rancangan sebelumnya.

Jadwal pengujian yang lebih cepat menunjukkan bahwa SpaceX optimis tentang kemampuannya dalam menyelesaikan wahana mutakhir itu dengan cepat. Elon Musk dan COO SpaceX, Gwynne Shotwell, sebelumnya menjadwalkan penerbangan pertama pada akhir tahun 2019.

Target tersebut mungkin dapat tercapai. Orang-orang di sekitar lokasi peluncuran milik SpaceX di Texas, sudah melihat bagian-bagian pesawat masuk ke daerah tersebut. SpaceX telah berbicara tentang menempatkan Starship di orbit pada tahun 2020, tetapi banyak yang harus berjalan dengan baik agar hal tersebut bisa terjadi.

Space Exploration Technologies Corp atau yang lebih dikenal sebagai SpaceX adalah perusahaan antariksa swasta asal Amerika Serikat. Perusahaan ini berdiri pada 2002 dengan Elon Musk sebagai Founder. Tujuan berdirinya SpaceX adalah untuk mengurangi biaya transportasi ruang angkasa dan memungkinkan kolonisasi Mars. (IMN/tek.id)

Share :
You might also like