BPPI Minta Pemerintah Petakan Pulau-Pulau Wisata Bahari

Jakarta, AIRMAGZ – Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) meminta pemerintah memetakan pulau-pulau wisata yang ada di Indonesia untuk mendukung pengembangan wisata bahari di Tanah Air.

“Selain memetakan titik-titik wisata bahari yang strategis dalam kawasan strategis pariwisata nasional, kami juga meminta pemerintah untuk memetakan pulau-pulau wisata yang paling siap untuk dipasarkan dalam paket wisata bahari,” kata Ketua BPPI Wiryanti Sukamdani di Jakarta, Rabu (10/3), dalam acara Seminar Forum Wartawan Pariwisata bertema Peningkatan Konektivitas Pulau-Pulau di Indonesia untuk Pengembangan Wisata Bahari.

Menurut dia, dengan 17.504 pulau di Indonesia perlu ada pemetaan yang jelas untuk mengetahui pulau-pulau wisata yang paling siap mendukung pengembangan wisata bahari.

Pemetaan itu akan berguna salah satunya untuk fungsi konservasi dan penguatan pelayanan bagi wisatawan yang akan berkunjung.

“Banyak pulau yang sudah dikenal wisatawan ketika dikunjungi memang bagus tapi sayang belum dikelola dengan baik,” katanya.

Ia mencontohkan, banyak pulau di NTB misalnya Gili Trawangan yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata yang lebih besar tetapi belum ada kesadaran SDM pengelolanya dalam hal keamanan, kesehatan dan kebersihan.

“Sering kita berwisata tapi pulang malah sakit, ini juga bisa menjadi salah satu indikasi pulau-pulau wisata kita banyak yang terpolusi,” katanya.

Pihaknya sendiri melihat potensi wisata bahari di Indonesia sangat besar khususnya di bagian timur Indonesia.

Namun potensi tersebut belum banyak dioptimalkan dengan baik terutama di bidang wisata bahari. “Kami mendorong pengembangan wisata bahari, salah satu yang kami lakukan adalah menggenjot promosi wisata bahari di negara-negara target market kita,” katanya.

Share :
You might also like