Airbus Kirim Perdana Helikopter Teranyar ke Kepolisian Kanada

Jakarta, airmagz.com – Perusahaan pemimpin global dalam bidang aeronautika, ruang angkasa, dan layanan terkait, Airbus, mengirimkan helikopter H145 pertama Kanada ke Royal Canadian Mounted Police (RCMP). Helikopter yang memiliki spesifikasi mesin ganda serbaguna tersebut adalah generasi terbaru dari tipe H145.

Nantinya, helikopter yang menjadi primadona bagi institusi penegak hukum di Kanada ini, akan dimanfaatkan oleh unit pendukung udara RCMP untuk berbagai misi. Termasuk misi pengawasan dan pengejaran, penalian cepat, pengangkatan, operasi tim tanggap darurat, pengawasan pelabuhan dan pendaratan kapal, serta upaya evakuasi di kawasan pegunungan.

“Dengan fitur keselamatan yang ditingkatkan dan reputasi untuk pemeliharaan yang lebih sedikit dan ketersediaan yang istimewa, H145 (helikopter) serba guna adalah pesawat yang ideal untuk misi penegakan hukum di berbagai medan,” kata Romain Trapp, Presiden Airbus Helicopters Canada dalam keterangan persnya, beberapa waktu lalu.

Helikopter yang akan dipusatkan di Langley, British Columbia, lanjut Trapp, akan dioperasikan khusus di wilayah daratan bagian bawah Vancouver, dengan kemampuan untuk menyebar di tempat lain sesuai kebutuhan.

“Kami sangat senang bahwa H145 akan masuk ke layanan untuk mendukung operasi RCMP, membantu pria dan wanita yang melayani dan melindungi rakyat Kanada.”

Sebagaimana yang telah banyak diketahui, perusahaan yang berbasis di Perancis tersebut, telah mengeluarkan varian terbaru dari H145. Helikopter tersebut telah dilengkapi dengan berbagai peralatan misi khusus termasuk hoist eksternal dan perangkat tali turun (untuk 2 atau1 orang), lampu sorot Trakka A800, sistem realitas yang ditingkatkan, sistem pemantauan kesehatan (HMS), FLIR, kacamata night vision, taktis workstation flight officer (TFO) dan sistem tangki bahan bakar jarak jauh internal.

Tak cukup sampai di situ, Airbus H145 juga diklaim sebagai pimpinan pasar helikopter bermesin ganda, menggabungkan sistem avionik Helionix yang inovatif dan autopilot 4-sumbu. Kombinasi kecepatan dan kinerja pesawat, bersama dengan rotor ekor Fenestron yang tertutup, kabin besar dan pintu clamshell pemuatan belakang, menjadikannya sebagai helikopter pilihan untuk berbagai misi sipil di seluruh dunia. (AH)

Share :
You might also like