Trauma Berkendara? Coba Tips Ini Untuk Mengatasinya

Jakarta, airmagz.com – Melakukan lalulintas perjalanan merupakan suatu aktivitas yang kerap kali dilakukan oleh setiap orang, bahkan setiap makhluk hidup pasti melakukannya, baik itu binatang ataupun manusia, tetapi disini akan lebih dibahas mengenai aktivitas perjalanan manusia. Melakukan perjalanan terutama perjalanan menggunakan kendaraan bagi manusia menjadi salah satu hal yang wajib, bahkan pada zaman ini sudah kerap kali dan banyak sekali para pengendara yang menggunakan kendaraan. Baik kendaraan bermotor ataupun kendaraan lainnya  seprti sepeda, becak dan lain sebagainya.

Selanjutnya, seseorang yang kerap kali melakukan perjalanan ini tak jarang ada yang menjadi korban kecelakaan, entah kecelakan karena tertabrak motor dengan motor, motor dengan mobil, motor dengan sepeda, mobil dengan truk, dan lain sebagiannya yang berkaitan dengan lalu lintas itu. Banyak pula penyebab para pengendara ini menjadi korban atau malah menjadi pelaku dalam kecelakaan lalu lintas.entah apapun itu pasti ada beberapa penyebab yang menyebabkan orang menjadi kecelakaan terutama dalam lalu lintas. Berikut akan dibahas mengenai penyebab kecelakaan lalu lintas.

Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas

  • Pengendara mengantuk

Pengendara yang mengantuk menjadi tidak dapat konsetrasi dalam mengendari motornya atau mobilnya, sehingga dalam melakukan penyetiran menjadi tidak fokus baik tangan maupun kakinya. Tentu saja dengan begitu mata yang digunakan untuk melihat perjalanan akan buram juga, sehingga membuat anda tidak dapat  melihat dengan jelas apa yang ada didepan anda sehingga terjadilah kecelakaan.

  • Pengguna jalan yang seenaknya

Tak jarang ditemui di negara ini orang-orang yang masih menggunakan jalan degnan seenaknya, bahkan melakukan perjalanan dengan bermain handphone, atau juga dengan melanggar rambu-rambu lalu lintas, yang seharusnya merah berhenti malah tetap melaju. Itu akan menyebabkan kecelakaan juga.

  • Kehilangan konsentrasi

Pengendara yang kehilangan konsetrasi akan membuat dirinya celaka, karena sejatinya dalam berkendara mau tidak mau harus memiliki konsentrasi yang  penuh, terutama dalam mengendarai motor. Kehilangan konsentrasi bisa membuat semuanya menjadi berantakan akibatnya akan menjadi kefatalan.

  • Tidak hati-hati

Hal ini juga menjadi penyebab yang tidak jarang, namun ini biasanya menjadi kecelakaan tunggal, orang yang kurang berhati-hati dalam pengendara bisa saja terpeleset, terjeglong (terkena lubang), dan lain sebagiannya, sehingga pengendara tentu akan celaka dengan melakukan hal ini.

  • Kebut-kebutan

Bukan hal yang asing lagi remaja sekarang ini banyak sekali yang melakukan kebut-kebutan, malahan itu sudah menjadi hal favorit bagi mereka. Semakin banyak orang kebut kebutan otomatis semakin sedikit orang yang mematuhi standar berkendara, itulah juga yang menyebabkan kecelakaan dalam lalu lintas, bahkan bukan hanya kecelakan bagi orang yang mengendarai saja, tetapi juga dapat mencelakakan orang yang lain.

Seperti itulah yang mengakibatkan orang lain menjadi celaka, sehingga  saat ini banyak sekali catatan catatan mengenai kecelakaan lalu lintas. Kecelakaan lalu lintas akan membawa banyak sekali dampak dan bahaya bagi orang yang mengalaminya. Salah satu dampak dari kecelakaan adalah trauma saat kecelakaan dan setelah kecelakaan. Trauma pada kecelakaan ini membuat orang menjadi enggan untuk berkendara lagi, bahkan ada yang sampai tidak menginginkan untuk berpergian lagi. Untuk itu harus anda ketahui apa saja tips dan cara untuk menghilangkn trauma. Simak uraian berikut ini

Cara Menghilangkan Trauma Kecelakaan

Ada beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati trauma setelah bahkan ketika kecelakaan, tentunya cara ini memang benar-benar anda ketahui supaya anda dapat mengatasi ketika anda menemukan bahkan ketika hal itu terjadi pada anda sendri

  1. Perbanyak berdoa

Perbanyak berdoa dan mendekatkan diri kepada Alloh akan membuat hati menjadi tenang, dengan hati yang tenang akan membuat mereka sedikit dapat menghilangkan rasa trauma setelah kecelakaan itu, ketika semakin lama semakin anda sering berdoa maka akan semakin cepat pula anda meninggalkan trauma yang sedang anda alami ini. Meskipun dengan berdoa tidak dapat menghilangkan ingatan ada dengan pristiwa kecelakaan itu, tapi setidaknya anda bisa move on dari pristiwa kecelakaan itu sehingga akan ada kebranian pada diri anda untuk tetap melakukan aktivitas seprti biasanya.

  1. Jangan ingat masa lalu

Jangan pernah mencoba untuk mengingat masa lalu ketika anda tidak ingin rasa trauma anda tidak segera sembut, maksud dari masa lalu disini adalah masa lalu mengenai kecelakaan pada diri anda, untuk tidak mengingat masa lalu ini anda tidak boleh melakukan usaha untuk melupakaannya karena semakin anda berusaha melupakaanya justru anda akan semakin ingat dan selalu ingat terus terhadap kecelakaan itu. Jadi lebih baik melakukan aktivitas yang lebih baik dari pada untuk membuang waktu melupakan hal tersebut karena justru akan membuat anda semakin mengigatnya.

  1. Lakukan aktivitas yang dapat menyibukan diri

Melakukan aktivitas yang dapat menyibukan diri tentu akan membuat seseorang  melupakan akan masalalu, ibarat saja ketika anda ingin melupakan mantan tentu membutuhkan cara agar melupakan mantan itu, dan salah satu cara adaalh menyibukan diri atau mencari yang lain yang lebih baik. Begitu pula untuk menghilangkan trauma pada kecelakaan ini, dengan mencari kesibukan yang baru yang lebih bermanfaat bagi anda tentu akan lebih mudah membuat anda berhenti dari trauma itu.

  1. Selalu bertawakal

Memang dengan melakuakan aktivitas yang menyibukan diri dapat melupakan atau menghilangkan rasa trauma pada diri anda, tetapi yang tak boleh terlewat untuk dilakukan andalah  bertawalal dan terus menerus latihan dan latihan, sampai anda mampu untuk melupakan segala hal yang membuat anda trauma itu. Selanjutnya setelah anda sudah melupakannya anda tidak boleh mengulang kembali apa yang sudah membuat anda menjadi trauma.

  1. Selalu memiliki pikiran positif

Berfikir positif sangat diperlukan untuk setiap moment, bahkan untuk melakukan segalah hal jika ingin memperoleh hasil yang baik adalah harus berfikir positive dan terus berfikir postitive, jika dalam diri anda sudah ada fikiran yang selalu positive maka anda akan terus lebih mudah untuk melupakan segala hal yang membuat anda trauma tersebut.

  1. Sebelum mengambil tindakan ambil nafas dulu

Bernafas sebelum mengambil tindakan ini merupakan cara agar anda dapat lebih tenang, karena orang yang sedang trauma tidak dapat berfikir atau bahkan sulit untuk berfikir lebih tenang, sehingga sebelum orang yang tramuma ini mengambil suatu keputusan atau sebelum bertindak ada baiknya untuk mengambil nafas terlbih dahulu

  1. Lakukan hal yang membahagiakan

Melakukan hal yang membahagian sangat penting untuk mengatasi rasa trauma, bahkan ketika orang sedang sakit, salah satu cara yang paling mudah untuk mempercepat kesembuhannya adalah dengna membuat orang itu bahagia, jika orang itu bahagia psikologi akan kembali normal sehingga akan lebih mudah untuk bahagaia dan melupakan segala hal yang membuatnya trauma. Dengan demikian trauma pada orang yang bahagia ini akan teratasi, bahkan dapat teratasi lebih cepat. karena tertawa itu sehat.

  1. Carilah dukungan dari banyak orang

Mencari dukungan dari orang lain terutama dari orang-orang yang anda cintai ini akan membuat anda lebih mudah bangkit dari keterpurukan yang sedang melanda anda, jika keterpurukan itu adalah trauma pada kecelakaan maka dengan banyaknya dukungan positif untuk anda dari orang-orang yang anda cintai akan membuat anda lebih semangat untuk menjalani hidup dan tentunya akan membuat anda lebih mudah untuk menghilangkan trauma adan, karena dukungan dari banyak orang terutama orang yang anda cintai ini akan menghilangkan rasa takut dan membuat anda berani untuk mencoba hal yang baru dan juga hal yang lama seperti belajra berkendara lagi.

  1. Berusaha untuk selalu bersosialisasi

Bersosialisasi dengan orang lain secara psikologis membantu anda untuk membangun diri anda menjadi pribadi yang semakin baik, jika pribadi anda menjadi pribadi yang baik tentu akan mempermudah anda untuk mendapatken kebahagiaan dan kenyamanan, terutama kebahagian dan kenyamanan dalam aktivitas keseharian anda, jika sudah demikian pastilah anda akan melupakan hal-hal yang membuat anda trauma sehingga akan membuat anda lebih mudah melupakan trauma itu. hal ini juga termasuk cara menjaga kesehatan mental

  1. Lakukan aktivitas rutin

Melakukan aktivitas rutin merupakan salah satu cara untuk anda agar anda bisa melupakan hal yang sudah terjadi pada diri anda, melakukan hal yang rutin dan tentunya hal yang membuat anda bahagia akan membuat anda lebih nyaman dalam melakukan aktivitas itu, semakiin nyaman aktivitas itu semakin mudah pula untuk melupakan hal yang buruk yang pernah anda alami sebelumnya, nah, jika hal buruk ini adalah kecelakaan yang membuat anda trauma maka  trauma itu tentu akan mudah hilang

  1. Belajar untuk berkendara lagi

Jika trauma pada kecelakaan anda ini adalah trauma karena kecelakaan berkendara, cara yang efektif adalah mulai belajar bekendara lagi, anda harus memulainya dari awal. Karena psikologi orang yang trauma ini tentunya akan merasaka takut yang berlebih ketika berkendara lagi. Bahkan yang paling parah adalah ketika trauma membuat anda melihat kendaraan pun menjadi histeris karena teringat terus menerus mengenai kecelakaan itu. Trauma yang  berlebihan seperti ini dapat membuat seseorang menjai strees. ketika anda sudah bisa berkendara lagi anda harus ingat bahaya naik motor tanpa jaket dan juga bahaya angin malam untuk kesehatan, jadi meskipun anda belajar jangan pernah malam-malam

  1. Berusaha mengalihkan fikiran anda

Cara yang lain adalah dengan cara melakkan suatu pengalihan pada fikiran anda, jangan biarkan fikiran anda terus-terusan memikirkan kecelakaan itu, jika fikiran anda terus terusan melakakukan pemikiran atau mengingat ingat terus mengenai kecelakaan itu maka efek tramuma yang anda alami sulit sekali untuk hilang bahkan jika fikiran ini terus-terusan mengiikuti anda dan anda tidak berusaha membuangnya maka anda akan mengalami penyakit trauma sepanjang hidup anda. Selain itu anda juga harus mengetahui bahwa anda tidak bisa terus terusan dengan keadaan itu dan anda harus tau tips untuk mengalihkan fikiran anda sehingga anda akan merasa bahagaia setiap hari anda. Kebahagian pada diri anda akan membuat anda mudah untuk mengalihkan fikiran anda.

  1. Lawanlah rasa takut atau phobia pada diri anda

Melawan rasa takut tak hanya tips untuk menghilangkan rasa takut ketika kecelakaan saja, ini menjadi tips ampuh untuk menghilangkan berbagai trauma yang anda alami, sehingga hal ini menjadi obat yang paling ampuh untuk mengatasi rasa trauma itu. Jika rasa takut pada diri anda dapat hilang dengan mudah berarti semakin cepat pula anda akan mengalami pemulihan dari sakit trauma anda itu. Cara untuk melawan rasa takut ini sebenarnya tidak lah susah jika anda memiliki kebranian yang baik. Melawan rasa takut ini hanya dengan cara anda berani mencoba sesuatu yang anda takuti itu dan meminta orang lain untuk selalu mendukung anda dan menemani anda untuk melawan rasa takut itu.

Itulah cara mudah yang dapat anda lakukan supaya anda dapat menghilangkan trauma kecelakaan yang pernah anda alami, dengan cara demikian anda akan dapat beraktivitas seperti biasanya lagi. Setelah anda dapat beraktivitas seperti biasanya anda tidak boleh mengingat ingat masa lalu anda saat anda kecelakaan agar anda tidak mengalami trauma yang kedua. (IMN/halosehat.com)

Share :
You might also like