Tak Ingin Diusir dari Pesawat, Hindari Hal Ini

Jakarta, airmagz.com – Seorang wanita membuat geger pada penerbangan Garuda Indonesia, GA 863 rute Hongkong-Jakarta beberapa waktu lalu. Ia akhirnya diusir dari pesawat karena diduga mabuk.

Keributan yang terjadi di pesawat Garuda Indonesia itu melibatkan keluarga dari drummer band Sheila on 7, Brian Kresnaputro. Istri, kakak, dan keponakannya menjadi sasaran amuk wanita tersebut.

“Ketiga petugas kabin kru berusaha menenangkan, diketahui ternyata penumpang tersebut sedang dalam keadaan mabuk serta tercium bau alkhohol pada saat penumpang berbicara,” kata Ikhsan Rosan, Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia dalam siaran pers.

Bagi Anda yang biasa bepergian menggunakan pesawat, ada baiknya untuk memperhatikan beberapa hal jika tak ingin diusir dari kabin. Selain mabuk, ada beberapa hal lainnya yang dapat membuat Anda diusir, yakni:

1. Jangan gunakan atribut politik.

Salah satu penerbangan di Amerika Serikat sempat terganggu akibat adanya seseorang yang mengenakan baju bergambar George Bush, Dick Cheney, dan Condoleezza Rice disertai tulisan “Meet the Fockers”. Terdapat hal yang aneh pada ejaan Fockers yang dinilai berisi ejekan. Akibat hal itu, orang tersebut diusir dari pesawat.

2. Berpakaian tidak pantas.

Pakaian memang hal yang subyektif, tetapi pakaian yang terlalu ribet atau malah terlalu seksi dapat membuat seorang penumpang tidak diperbolehkan masuk pesawat. Pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman, sopan, praktis, dan tidak menyertakan kalimat atau gambar yang ofensif alias menyinggung.

3. Urung bepergian jika kurang sehat.

Salah satu maskapai asal Amerika Serikat pernah mengusir salah satu penumpang pada 2009. Alasannya, si penumpang terlihat kurang sehat dan terlihat dari wajahnya ia sedang demam. Kebetulan, saat itu sedang ramai tentang merebaknya virus H1N1 dan pihak maskapai memutuskan untuk mengusir si penumpang dari pesawat.

4. Bau badan.

Setiap orang memang memiliki aroma khas dari tubuhnya, tetapi ada beberapa yang punya problem bau badan yang cukup mengganggu. Disarankan, sebelum naik pesawat mandi dan jaga kebersihan tubuh. Sebab, bau badan tidak sedap dapat menyebabkan seorang penumpang diturunkan paksa dari pesawat terbang.

5. Terlalu berisik.

Seorang ibu dengan anaknya yang baru berusia dua tahun harus gagal terbang lantaran anaknya yang tak mau diam. Maklum, si anak terlalu girang karena akan naik pesawat terbang dan berteriak, “go, plane, go!” secara berulang-ulang. Aksi si anak rupanya mengganggu yang lain dan salah satu pramugrari memintanya untuk turun dari pesawat.

6. Berat badan berlebih.

Bagi pihak maskapai, ada istilah khusus untuk merujuk penumpang dengan berat badan berlebih: ‘passengers of size.’ Jika penumpang dengan berat badan berlebih tidak membeli dua tiket kursi pesawat, kemungkinan besar mereka akan ditolak masuk pesawat..

Kursi pesawat memang berukuran kecil dan prosedur keselamatan mewajibkan semua penumpang untuk memasang sabuk pengaman saat take-off atau landing. Oleh karenanya, penumpang yang memiliki berat badan berlebih sebaiknya menghubungi maskapai terlebih dahulu untuk berjaga-jaga sebelum terbang.

7. Mengumpat.

Mengumpat atau mengeluarkan kata-kata kotor dapat membuatmu ‘ditendang’ keluar dari pesawat. Sebaiknya, jagalah kata-kata dan ucapan dengan baik dan sopan, apalagi jika ada anak kecil di dalam kabin.

8. Tidak menghormati kru kabin dan mengabaikan instruksi keselamatan.

Ketika ada penumpang yang bersikap tidak sopan kepada kru kabin, kemungkinan besar ia akan diturunkan dari pesawat. Begitu pula dengan penumpang yang mengabaikan instruksi keselamatan. Instruksi keselamatan harus diperhatikan dengan baik. Bahkan, tindakan menyela presentasi tentang instruksi keselamatan yang sepele, seperti komentar sarkastik, dapat membuat penumpang diturunkan dari pesawat. (IY/Cheat Sheet/Abc News)

Share :
You might also like