Fokus pada Impact

Berawal dari keinginan untuk menonton konser secara gratis, Putri Dewanti, Communication Lead Facebook-Indonesia membantu seorang PR salah satu promotor musik Indonesia untuk beberapa konsernya.

Namun lama kelamaan, wanita yang hobi mencoba resep-resep makanan dan kue ini justru betul-betul menaruh hati pada dunia Public Relation (PR). Kini mayoritas karir Putri pun dihabiskan sebagai konsultan PR dan belakangan mulai masuk ke dunia korporasi.

Di mata Ai, panggilan dekatnya, seorang PR harus selalu bisa menantang dirinya untuk mencoba dan belajar hal yang baru karena bagaimanapun stakeholders akan selalu berubah dan berkembang. Untuk itu, seorang PR pun harus mampu mengikuti dinamika tersebut.

Baginya, seorang PR dikatakan berhasil ketika dia bisa menciptakan impact dan bukan sekadar impression. Sebab stakeholders akan berbicara hal positif ketika PR fokus pada impact.

Suatu waktu, Ai pun membuktikannya. Konsultan yang concern pada practice mengombinasikan communications dan government relations ini, pernah meraih beberapa pencapaian yang membanggakan. Satu di antaranya saat dirinya mengerjakan program kampanye untuk perusahaan produk personal hygiene.

Dalam kampanye tersebut, hubungannya bersama media tidak difokuskan pada coverage melainkan lebih pada pertukaran insights. Ai lalu mengintegrasikan practice communications dan government relations dan berhasil membuat stakeholders eksternal berbicara mengenai isu dan solusi yang dibawa perusahaan produk personal hygiene tersebut ke Indonesia, media dan pihakpihak pembuat kebijakan. Tujuan menjadikan personal hygiene sebagai suatu keharusan di beberapa tempat umum di Indonesia pun akhirnya tercapai.

“Jadi impact dari kampanye itu bukan hanya tercapainya tujuan tetapi juga menghimpun suara atau tindakan dari multistakeholders untuk bersama-sama membuat suatu perubahan,” kata Ai yang juga bercitacita mempromosikan makanan Indonesia ke luar negeri ini. (MD)

Putri Dewanti

(Communication Lead Facebook-Indonesia)

Share :
You might also like