Tambora Menyapa Dunia Targetkan Jaring 15 Ribu Wisatawan

Jakarta, AIRMAGZ – Peringatan peristiwa meletusnya gunung Tambora di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima, NTB dipromosikan dalam bentuk event pariwisata yang dikemas dalam Tambora Menyapa Dunia (TMD).

Dalam rilis yang diterima AIRMAGZ, Rabu (11/3) Tambora Menyapa Dunia yang baru pertama kali diselenggarakan ini akan dimeriahkan dengan acara gelar seni budaya, wisata minat khusus dan sport adventure, seminar, serta bhakti sosial yang berlangsung selama enam bulan dari Maret hingga Agustus 2015.

Pada puncak acara Tambora Menyapa Dunia yang berlangsung di kawasan Gunung Tambora diperkirakan akan dihadiri sekitar 15 ribu wisnus maupun wisman.

Menpar Arief Yahya menyambut baik diselenggarakan event pariwisata yang mengambil momentum peringatan dahsyatnya letusan Gunung Tambora yang sempat menjadi perhatian masyarakat dunia. “Gunung Tambora dan Rinjani di NTB bagian dari Wonderful Indonesia akan kita promosikan untuk menarik kunjungan wisman. Kita mentargetkan tahun ini 10 juta wisman kemudian naik dua kali lipat 20 juta wisman pada 2019,” kata Menpar.

Menpar mengatakan, NTB merupakan destinasi wisata unggulan yang ditempatkan sebagai bagian dari Great Bali. “Sekitar 40% wisman yang berkunjung ke Indonesia masuk melalui Bali. Kita berusaha tarik mereka agar melanjutkan ke NTB dan destinasi lain di kawasan Timur Indonesia atau Bali Beyond,” kata Arief Yahya.

Sementara Wagub NTB, Muhammad Amin mengatakan, TMD merupakan upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB yang tahun ini mentargetkan 2 juta wisatawan. “Pada acara puncak TMD nanti diperkirakan akan dihadiri 15 ribu wisatawan,” kata Amin.

Event Tambora Menyapa Dunia tidak hanya fokus di Dompu tetapi menyebar di beberapa kabupaten di NTB yang terbagi dalam kelompok kegiatan yaitu kelompok seni budaya, kelompok sport adventure, kelompok seminar untuk menciptakan citra Tambora, dan kelompok kegiatan bhakti sosial.(tomo)

Share :
You might also like