Maskapai Luar Negeri Bidik Rute Menuju Bandara NYIA

Jakarta, airmagz.com – Sejumlah maskapai penerbangan luar negeri tengah menjajaki rute ke Jogja melalui bandara barunya, New Yogyakarta International Airport (NYIA). Pada April mendatang, bandara internasional yang berada di Temon, Kulonprogo tersebut ditargetkan mulai beroperasi.

“Sebetulnya kalau penjajakan memang sudah ada. Seperti dari midde east (Timur Tengah), Turki, bahkan dari Eropa dan Australia tapi konfirmasinya untuk April nanti dimana bandara beroperasi dengan minimum operasi sepertinya memang belum,” papar GM Angkasa Pura 1 Yogyakarta Agus Pandu Purnama di Stasiun Tugu Jogja sebelum ikut dalam rombongan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengecek kesiapan NYIA, Selasa (8/1).

Agus Pandu menjelaskan, dengan beroperasinya NYIA maka bisa dipastikan seluruh penerbangan internasional ke DIY akan berpusat di bandara tersebut. Praktis, penerbangan internasional yang semula ada di Bandara Internasional Adisutjipto Yogyakarta juga akan dialihkan ke NYIA.

Perwira menengah TNI AU berpangkat Kolonel Penerbang itu menjelaskan, saat ini ada enam penerbangan internasional di Adisutjipto dan tiga penerbangan yang berstatus pending karena tidak mendapatkan slot di bandara Adisutjipto.

“Jadi nantinya ada sekitar delapan sampai sembilan flight di Adisutjipto tadi yang sudah jelas beralih ke bandara baru,” ungkapnya.

Selain penerbangan internasional tersebut, lanjut Agus Pandu, maskapai penerbangan luar negeri yang masih berada satu grup dengan Lion Air yakni Lion Thai dari Bangkok dan Lion Malindo dari Kualalumpur yang juga bakal mendaratkan pesawatnya ke NYIA.

“Kedua maskapai ini masih terus sounding ke kami. Tapi dengan luasan terminal untuk minimum operasi 12.900 meter persegi sudah menjadi fasilitas untuk melayani penerbangan internasional. Prinsipnya untuk minimum operasi sudah bisa dilaksanakan karena pihak Imigrasi, Kepabean dan juga Karantina sudah menyiapkan kantornya di wilayah Kulonprogo agar saat April nanti bisa benar-benar beroperasi,” jelasnya. (IMN/suaramerdeka.com)

Share :
You might also like