Penumpang Bandara Banyuwangi Alami Peningkatan

Jakarta, airmagz.com – Kabar baik datang dari salah satu bandara di timur Jawa, tepatnya Banyuwangi. Terjadi peningkatan penumpang di Bandara Internasional Banyuwangi (BIB).

Sepanjang 2018 lalu, jumlah penumpang pesawat di bandara kebanggaan masyarakat Bumi Blambangan itu naik hampir dua kali lipat dibanding pada 2017.

Jumlah penumpang di bandara yang sebelumnya bernama Bandara Blimbingsari, itu mencapai 366.115 orang. Sedangkan pada 2017, yang memanfaatkan jasa angkutan udara di BIB ”hanya” sebanyak 190.369 orang. Artinya, dalam setahun terjadi peningkatan penumpang hingga 92 persen.

Eksekutif General Manager PT Angkasa Pura II BIB, Anton Marthalius mengatakan jumlah penumpang meningkat setiap tahun. ”Ini karena BIB semakin dikenal dan semakin banyak masyarakat yang memanfaatkan moda transportasi udara melalui BIB, baik dari Banyuwangi, Jember, dan Situbondo,” ujarnya (7/1).

Anton menambahkan, peningkatan penumpang tersebut didukung semakin banyaknya pergerakan pesawat di BIB. Pada 2017 lalu tercatat ada 2.967 pergerakan pesawat. Sedangkan di tahun 2018, jumlah pergerakan pesawat yang take off maupun landing di BIB mencapai 4.782.

Sementara itu, pada 2018 Bandara Banyuwangi berhasil ”naik kelas” menjadi bandara internasional. Adapun sejak 19 Desember lalu, Citilink telah melayani penerbangan langsung rute Banyuwangi–Kuala Lumpur.

“Pergerakan pesawat naik sekitar 61 persen. Jumlah maskapai semakin banyak. Kemarin kita ada tambahan dari Batik Air dan Citilink dengan penerbangan internasional rute Kuala Lumpur-Banyuwangi,” tutur Anton Marthalius. (IY)

Share :
You might also like