Masalah Teknis, Sriwijaya Air “Return To Base”

Jakarta, airmagz.com – Pesawat Batik Air tujuan Jakarta, kembali mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar akibat masalah teknis, Rabu 9 Januari 2019. Pesawat dengan nomor IS6289/A320/PKLAH lepas landas pada pukul 10.01 Wita dan memutuskan untuk return to base pada pukul 10.05 Wita.

Deputi General Manager Bidang Operasi AirNav Indonesia Cabang Utama MATSC, Davitson Aritonang membenarkan hal tersebut. Pilot memutuskan, untuk return to base, disebabkan masalah teknis pada pesawat.

Baca JugaMasalah Teknis, Pesawat AirAsia Rute Denpasar-Singapura “Return To Base”

“Saat ini, penerbangan tersebut dalam persiapan menuju Jakarta dengan berganti pesawat PKLUK,” kata Davidson.

Turut beredar rekaman video suasana di dalam pesawat, sebelum Batik Air kembali mendarat yang diabadikan oleh seorang penumpang. Tampak seorang pramugari menenangkan suasana.

GM AirNav Cabang Utama Makassar Air Traffic Services Center, Novy Pantaryanto mengatakan, keputusan return to base sudah menjadi hal yang biasa terjadi dan dapat menimpa semua jenis penerbangan. Hal yang terpenting adalah agar penumpang tidak panik.

Baca JugaBau di Kabin, Garuda Indonesia Return To Base

“Dalam hal ini, dimohon kerja sama penumpang. Jangan bikin suasana tidak kondusif,” harap Novy.

Kesabaran penumpang, kata dia, sangat dibutuhkan, mulai saat pesawat memutuskan untuk kembali mendarat, setelah beberapa menit lepas landas hingga menunggu penerbangan selanjutnya.

“Mengganti pesawat butuh upaya sangat besar. Karena, yang stand by tidak ada di semua airport. Sangat dibutuhkan kesabaran penumpang. Edukasi ini perlu untuk penumpang, demi kenyamanan dan keamanan penerbangan,” ujarnya. (IMN/Viva.co.id)

Share :
You might also like