Bandara Milik Angkasa Pura II Bakal Menjadi Destinasi Wisata Digital

Jakarta, airmagz.com – PT Angkasa Pura II (Persero) atau AP II hendak menjadikan 13 bandara yang dikelolanya sebagai destinasi wisata digital. Konsep ini diterapkan untuk meraup semakin banyak konsumen milenial.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penerapan konsep wisata digital di bandara diharapkan bisa memberi kesan berbeda bagi para pengguna jasa maskapai penerbangan.

“Semakin terdigitalisasinya bandara AP II, pelancong dapat memiliki kesan sendiri ketika tiba. Generasi milenial merupakan aset potensial dan segmen pasar yang bisa dituju untuk ini,” katanya, Rabu (9/1).

Baca JugaPT Angkasa Pura II (Persero) Layani 115 Juta Penumpang Selama 2018

Akun media sosial dibidik sebagai medium utama bagi milenial untuk mempublikasikan keseruan pengalaman kunjungannya di suatu bandara. Cara ini diharapkan bisa menarik minat pelancong milenial lain untuk berkunjung ke Indonesia.

“Intinya, kami berharap bisa memberikan inspirasi positif bagi traveler untuk dapat menikmati millennials travel experience. Sehingga mereka bisa bercerita lewat akun media sosialnya dan viral di media sosial,” ucap Awaluddin.

Pada 2017, sebanyak 143,3 Juta masyarakat Indonesia terkoneksi internet. Dari jumlah ini, porsi 49,5% adalah kalangan milenial dengan rentang usia 19 – 34 tahun.

Baca JugaAirport Digital Lounge Kini Ada di Bandara Soekarno-Hatta

Guna mengoptimalkan program pengalaman wisata ala milenial, pendekatan yang diterapkan AP II ialah augmentasi, activation, dan amenitiesAugmentation, yakni menambah dan memperbesar segmen pelayanan milenial. Activation terkait aktivasi kegiatan untuk mendorong milenial hadir di berbagai bandara. Aspek amenities (kemudahan) maka perseroan menghadirkan Airport Digital Lounge yang dilengkapi customer service robot.

Airport Digital Lounge kini hadir Terminal 3 dan Terminal 2 Bandara International Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Awaluddin menyatakan, fasilitas ini secara bertahap akan diimplementasikan ke semua bandara yang dikelola Angkasa Pura II.

Bandar udara yang dinaungi AP II, yaitu Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, Sultan Mahmud Badaruddin II, Supadio, Kualanamu, Minangkabau, Sultan Syarif Kasim II, Husein Sastranegara, Sultan Iskandar Muda, Raja Haji Fisabilillah, Depati Amir, Sultan Thaha, dan Silangit.

Share :
You might also like