Pembebasan Lahan, Bandara Ende Butuh Dana Rp 100 Miliar

Jakarta, airmagz.com – Otoritas Bandara Haji Hasan Aroboesman Ende membutuhkan dana sebesar Rp 100 Miliar untuk pembebasan lahan tahap kedua bagi 333 kepala keluarga (KK) guna pengembangan lahan bandara.

Kepala Bandara Haji Hasan Aroboesman Ende, Fuadani ST MM mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com, Rabu (9/1/2019) di Ende ketika dikonfirmasi mengenai upaya lanjutan pembebasan lahan untuk pengembangan Bandara Haji Hasan Aroboesman Ende.

Baca JugaSampah Penuhi Bandara Ende, Bikin Gagal Penerbangan

Faudani mengatakan bahwa mekanisme pengajuan dana sebesar Rp 100 Miliar tersebut pihaknya mengajukannya lewat Pemda Ende dan Pemda Ende yang akan memfasilitasi pengadaan lahan apa lewat APBD maupun APBN.

Dikatakan untuk perluasan lahan bandara pihaknya masih membutuhkan lahan seluas 8 ribu meter persegi yang sekarang ini dihuni oleh 333 kepala keluarga.
Pihaknya berharap agar proses pembebasan lahan dapat segera dituntaskan agar pelaksanaan perluasan bandara dapat segera dilakukan.

Baca JugaPerluasan Bandara Ende Terkendala Administrasi Pembebasan Lahan

Menurut Fuadani pelaksanaan pengembangan Bandara Ende hanya memungkinkan ke arah barat sedangkan kalau ke arah timur tidaklah memungkinkan karena mengingat di arah timur bandara terdapat bukit dan juga laut sedangkan ke arah barat lebih memungkinkan karena di tempat tersebut terdapat lahan meskipun diatasanya ada permukiman warga.

“Ini yang akan terus kita bangun komunikasi intes untuk pembebasan lahan warga guna perluasan bandara karena memang hanya ke arah barat pelaksanaan perluasan dapat dilakukan,”kata Fuadani. (IMN/tribunnews.com)

Share :
You might also like