Kesalahan Teknis, Batik Air Kembali Mendarat di Makassar

Jakarta, airmagz.com – Pesawat Batik Air yang terbang dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar, terpaksa kembali ke landasan pacu lantaran gangguan teknis, Rabu (9/1/2019) pagi. Pesawat terpaksa kembali ke landasan pukul 10.17 Wita setelah sebelumnya lepas landas 12 menit sebelumnya atau pada 10.05 Wita.

Deputy GM Perencanaan dan Evaluasi Operasi AirNav Cabang MATC, Davidson Aritonang mengatakan, Pesawat Batik Air itu memutuskan untuk kembali ke bandara keberangkatan karenakan ada masalah teknis terkait dengan indikator kargo door-nya.

Baca JugaOkupansi Cerah, Batik Air Resmi Terbangi Rute Jakarta-Banyuwangi

“Sehingga dia (pilot pesawat) memutuskan kembali dan mendarat tadi pada pukul 10.17 menit Wita,” kata Davidson saat ditemui di Bandara Hasanuddin Makassar Rabu (9/1/2019).

Siang tadi, pesawat tersebut sudah menuju ke Jakarta. Pihak Batik Air mengganti pesawat itu dengan tipe yang sama namun dengan registrasi berbeda. “Pesawat sudah diganti dengan Air Bus 320, Batik Air dan berangkat sekitar pukul 11.50 Wita tadi,” kata Davidson,” ujarnya.

Menurut Davidson, pesawat terpaksa Return To Base (RTB) atau balik ke landasan pacu atas permintaan pilot kepada petugas MTC dengan alasan yang mungkin berdampak pada keselamatan penerbangan.

Baca JugaPenerbangan Perdana Batik Air Jakarta – Banyuwangi Fullseat

“Dari keterangan yang kami dapat penerbangan berangkat pada pukul 10.01 Wita dan memutuskan untuk kembali dan mendarat kembali 10.15 Wita,” lanjut Davidson.

Menurut Davidson, penyebab pesawat kembali bukan kesalahan teknis pada mesin, namun lantaran kargo door (pintu kargo) pada pesawat yang bermasalah.

“Kita mesti memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa setiap kejadian yang terjadi dalam pengoperasian suatu pesawat terbang memang lumrah terjadi,” ucapnya. (IMN/iNews.id)

Share :
You might also like