Satu Tahun Beroperasi, Okupansi KA Bandara Hanya 26 Persen

Jakarta, airmagz.com – Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta telah genap setahun beroperasi pada 2 Januari 2019. Sayangnya, tingkat okupansi masih jauh dari yang diharapkan.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Institut Studi Transportasi (Instran) tercatat tingkat okupansi KA Bandara hanya sekitar 26 persen. Angka tersebut masih jauh dari ideal yang diharapkan mencapai 60 persen.

“Setelah satu tahun, kita lihat fungsi KA Bandara masih jauh dari harapan kami. Load factor hanya 26 persen. Padahal sudah setahun berjalan,” kata peneliti Instran, Deddy Herlambang.

Saat ini PT Railink selaku operator KA Bandara telah melakukan 70 slot perjalanan dari 82 slot yang tersedia. Apabila satu rangkaian gerbong kereta berkapasitas 272 orang, maka total penumpang perhari bisa mencapai 19.040 penumpang.

Tapi, berdasarkan data PT Railink, hingga November tercatat okupansinya pada hari biasa hanya 2.700-3000 penumpang perhari. Sedangkan pada Jumat bisa mencapai 4.700-5000 penumpang. Adapun Sabtu-Minggu, tercatat hanya 2000-2500 penumpang.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub, Zulmafendi, menilai salah satu penyebab sepinya penumpang KA Bandara adalah tarif yang mahal.

Ia berharap PT Railink bisa mengupayakan agar tarif bisa diturunkan. Hingga saat ini pemerintah belum memberi subsidi atau Public Service Obligation pada KA Bandara.

“Mungkin bisa dilakukan hal tertentu paling tidak dapat menurunkan tarif. Karena kita lihat, tarif penting untuk diperhatikan supaya animo masyarakat meningkat,” kata Zulmafendi.

Sebagai informasi, Instran mengadakan diskusi bertajuk ‘Review 1 Tahun Kereta Api Bandara, Akankah Mampu Menguraikan Kepadatan Lalu Lintas Jalan?’ di Hotel Sari Pasific, Jl. MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (9/1) malam.

Selain Dirjen Perkeretaapian Kemenhub, diskusi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek, Direktur Utama PT Railink, Ketua YLKI, Pengamat, dan para pengguna layanan kereta Bandara.

Baca juga: Menhub Dorong Pihak Swasta Turut Berperan Aktif Dalam Pengelolaan Kereta Api Indonesia

Share :
You might also like