Pesawat Tempur Mirage 2000 Milik Perancis Jatuh, Dua Pilot Hilang

Jakarta, airmagz.com – Sebuah pesawat jet tempur Mirage 2000 Angkatan Udara Prancis jatuh pada hari Rabu (9/1/2019) di sebuah daerah pegunungan di Jura, wilayah timur negara tersebut. Kedua pilotnya dinyatakan hilang.

“Kami mencari pesawat ini yang menghilang dari radar di Jura,” kata administrasi prefektur setempat, yang dikutip BBC.

Para pejabat mengatakan pesawat itu menghilang dari pantauan radar sekitar pukul 11.00 waktu setempat, tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Nancy-Ochey.

Salju dan jarak pandang yang pendek telah menghambat pencarian. Nasib kedua pilotnya yakni pria dan wanita belum diketahui, karena belum ditemukan.

Surat kabar L’est Republican melaporkan bahwa puing-puing dari pesawat termasuk parasut telah ditemukan di wilayah antara Doubs dan Jura, dekat perbatasan dengan Swiss. Tim pencarian dan penyelamatan menyatakan telah menemukan puing-puing pesawat tersebut.

France 3 melaporkan bahwa jet tersebut adalah bagian dari misi patroli dua pesawat, di mana pesawat lainnya telah kembali ke pangkalan.

Pesawat jet tempur yang jatuh diidentifikasi tipe Mirage 2000D dan tidak bersenjata saat menjalankan patroli. Penyebab kecelakaan belum diketahui.

Kecelakaan yang melibatkan jet tempur Mirage 2000 bukan sekali ini terjadi. Kecelakaan mematikan sebelumnya terjadi di Prancis pada 2011.

Dassault Mirage 2000 adalah jet tempur bermesin tunggal Prancis yang dirancang pada akhir 1970-an. Mirage 2000D yang terbaru adalah varian tempur/

Jet Mirage 2000 Prancis dikerahkan pada layanan aktif militer dalam mendukung Operasi Barkhane di Sahel.

Dua helikopter pencari telah dikerahkan sebagai respons atas kecelakaan tersebut. Menurut pihak National Gendarmerie lebih dari 100 polisi telah dikerahkan untuk membantu pencarian kedua pilot.

L’est Republican mengutip penduduk setempat melaporkan ada ledakan besar. Beberapa puing, termasuk peta dan parasut, telah ditemukan di pohon. Namun, laporan itu belum dikonfirmasi oleh pejabat Prancis. (IMN/Sindonews.com)

Share :
You might also like