Dirut Railink: Terlalu Dini Menilai Kereta Bandara Gagal

Jakarta, airmagz.com – Kereta Api (KA) Bandara Soekarno-Hatta dinilai belum maksimal setelah beroperasi selama satu tahun per 2 Januari 2019. Tapi, bagi Direktur Utama Railink, Heru Kuswanto terlalu dini untuk menilai KA Bandara.

Ia justru optimistis bahwa KA Bandara akan mengalami kenaikan okupansi pada 2019. Meski begitu, ia belum bisa memastikan kenaikan tersebut.

“Tidak perlu khawatir, ini soal beberapa proyek memang belum selesai. Belum bisa dikatakan proyek ini gagal hanya dengan melihat satu tahun, menurut saya lho ya. Saya yakin 2019 akan mengalami kenaikan, meskipun mungkin belum memuaskan,” tutur Heru di Hotel Sari Pasific, Jakarta (9/1).

Memang diakui oleh Heru bahwa tingkat keterisian penumpang KA Bandara belum memuaskan karena masih ada proyek yang belum selesai. Tapi, ia menilai bahwa sisi pelayanan sudah berjalan dengan sangat baik.

“Kalau kinerja dari volumenya sendiri, tentunya belum puas. Tapi kalau dari kinerja layanan dari survei-survei yang kita peroleh, layanan baik. Kami juga sadar selama satu tahun ini memang belum sempurna. Memang infrastruktur pendukungnya memang belum selesai,” jelasnya.

Adapun mengenai tarif KA Bandara yang dinilai terlalu mahal, Heru menyebut sudah ada perhitungan tersendiri. Pihaknya tidak mungkin menurunkan tarif, tapi tidak menutup kemungkinan untuk pemerintah melakukan subsidi atau Public Service Obligation (PSO).

“Tarif itu sudah ada patokannya semua, ada perhitungannya. Apakah bisa diturunkan? Berat sebenarnya. Apakah mungkin negara masuk dalam bentuk PSO atau subsidi. Atau dengan pola perintis,” ungkapnya.

Heru melanjutkan, “Sampai hari ini dua KA Bandara yang dikelola oleh Railink itu tidak disubsidi. Memang terasa berat di daya saing. Di mata masyarakat, semakin rendah tarif semakin bagus. Cuma persoalannya, operator seperti Railink yang mencoba berdiri di level komersial, yang tidak merepotkan keuangan negara, ya memiliki keterbatasan.”

Baca juga: Satu Tahun Beroperasi, Okupansi KA Bandara Hanya 26 Persen

Share :
You might also like