Kemenhub Hibahkan Kapal Penumpang ke Pemprov Aceh

Jakarta, airmagz.com – Kementerian Perhubungan, menyerahkan hibah berupa satu kapal penumpang Kapal Motor Penyeberangan (KMP) BRR dengan kapasitas 1000 GT kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh. Penyerahan kapal hibah dilakukan Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Joko Sasono kepada Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Aceh, Nova Iriansyah pada Jumat (11/1/2018).

“Saya merasakan betul saudara-saudara di Aceh membutuhkan sarana dan prasarana. Dengan adanya kapan ini, harapannya, membuat optimisme pulau-pulau di sekitar daratan Aceh menjadi lebih optimis,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan, Joko Sasono, di sela-sela acara penandatanganan naskah perjanjian hibah dan berita acara.

Pada saat ini, Aceh memiliki delapan (8) pelabuhan penyeberangan dengan tujuh lintasan. Satu yang terbesar yakni lintasan antara Aceh Singkil dengan Gunung Sitoli yang menjadi akses keluar masuk Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatera Utara. Kondisi tersebut, diakui sangat membutuhkan banyak armada agar mobilitas menjadi lebih baik.

“Saat ini hanya dilayani lima angkutan penyeberangan dan itu dirasa belum cukup. Terbatasnya jumlah kapal yang tersedia membuat antrean kendaraan tertahan hingga berhari-hari. Hal ini tentu memprihatinkan walaupun demikian, kami tetap melayani dengan baik,” kata Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah.

Ia mengatakan, Pemrov Aceh berharap dengan adanya pemberian kapal hibah dimaksud, dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. (AH)

Share :
You might also like