Lion Air Terbangi Rute Surabaya-Samarinda via Bandara APT Pranoto

Jakarta, airmagz.com – Maskapai penerbangan Lion Air meresmikan rute penerbangan anyar yaitu dari Surabaya menuju Samarinda non-stop mulai hari ini, Jumat, 11 Januari 2019. “Ini untuk menggugah minat jalan-jalan tujuan Surabaya dan Samarinda,” ujar Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam keterangan tertulis, Kamis malam, 10 Januari 2019.

Untuk penerbangan rute Surabaya – Samarinda itu, maskapai mengoperasikan tiga jenis pesawat keluaran Boeing, antara lain 737-800NG dengan kapasitas 189 kursi ekonomi, 737 MAX 8 dengan kapasitas 189 kursi ekonomi, dan 737-900ER dengan kapasitas 215 kursi ekonomi.

Baca JugaBandara Kertajati Buka Rute ke Balikpapan, Lion Air Jadi Maskapai Pertama

Danang berujar penerbangan tersebut akan dioperasikan secara reguler pulang pergi dengan jadwal satu kali per hari dengan nomor penerbangan JT-314. Pesawat dijadwalkan lepas landas melalui Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya, Jawa Timur, pada pukul 10.25 WIB dan mendarat di Bandar Udara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur pada 12.55 WITA.

Untuk rute sebaliknya, pesawat berlogo singa merah itu dijadwalkan lepas landas dari Samarinda dengan jadwal keberangkatan pada 13.35 WITA menggunakan nomor JT-317 dan diperkirakan tiba di Surabaya pukul 14.05 WIB.

Penerbangan rute terbaru tersebut, kata Danang, menempatkan Samarinda sebagai kota kedua yang disinggahi Lion Air di Kalimantan Timur. Sebelumnya, masakapai besutan Rusdi Kirana itu telah masuk ke provinsi tersebut melalui rute Surabaya – Balikpapan.

“Rute ini adalah pilihan baru pebisnis dan pelancong melalui penerbangan langsung dengan pilihan jadwal terbaik di Surabaya dan Samarinda,” ujar Danang. “Lion Air mengucapkan terima kasih kepada regulator, AirNav Indonesia, pengelola bandar udara, seluruh kru, karyawan dan semua pihak dalam membantu kelancaran rencana rute ke Kalimantan Timur.”

Baca JugaLion Air Segera Buka Rute Baru Kertajati-Halim

Ekspansi bisnis dengan melakukan penerbangan pertama di Samarinda itu, menurut Danang, menjadi komitmen maskapai demi menghubungkan antardestinasi domestik dan memperkuat jaringan Lion Air yang selama ini telah beroperasi. Ia berujar langkah ini juga ditempuh guna menjawab permintaan pasar yang tinggi antara Kalimantan Timur dan Jawa Timur.

“Hal ini juga dalam upaya mendukung agenda pemerintah melakukan pengembangan pariwisata nasional guna meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia serta mendongkrak wisatawan nusantara,” tutur Danang.

Sejalan dengan peningkatan potensi bisnis, perdagangan, industri kreatif, jasa dan sektor lainnya di kedua kota, Danang berujar Lion Air akan menambah frekuensi terbang menjadi dua kali sehari efektif pada 16 Januari 2019. Jadwal tambahan itu adalah dari Surabaya pukul 14.45 WIB dan dari Samarinda pada 17.50 WITA.

Bersamaan dengan pembukaan rute baru Surabaya ke Samarinda, Lion Air juga akan meresmikan inaugural flight Balikpapan – Kertajati, Majalengka PP dengan frekuensi terbang satu kali setiap hari. “Kami memproyeksikan pertumbuhan trafik khususnya wisatawan serta pebisnis di Samarinda dan Surabaya akan terus berkembang, seiring berbagai inisiasi maupun kolaborasi pemerintah, maskapai, perhotelan, pengelola bandar udara, pelaku industri wisata, dengan dukungan dari banyak pihak,” kata Danang. (IMN/Tempo.co)

Share :
You might also like