Siap Beroperasi 2020, Pembangunan Bandara JB Soedirman Mulai Dikerjakan

Jakarta, airmagz.com– Pembangunan bandara JB Soedirman resmi mulai dikerjakan. Menandai dimulainya pembangunan Bandara Besar Jenderal Soedirman, yang ada di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, dilakukan pemotongan tiga tumpeng, yakni oleh  Awaludin, Pangkoopsau 1  Marsda TNI Fadjar Prasetyo dan Plt Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi, Jumat (4/1).

Dirut PT Angkasa Pura II Muhammad Awaludin mengatakan tahun 2020 Kabupaten Purbalingga diprediksikan sudah memiliki bandara komersil. Proses pembangunan tahap pertama akan diawali dengan membangun runway sepanjang 1.600 meter. Apron seluas 6432 meter persegi, dan taxiway 165×16.

Baca JugaTelan Dana 300 Miliar, Bandara JB Soedirman Segera Dibangun

Selain itu juga parkir penumpang, ruang tunggu penumpang, serta sarpras pendukungan lain seperti kantor administrasi dan sebagainya. “Pembangunan tidak sampai 24 bulan, pengerjaan memakan waktu sekitar 18 sampai 20 bulan. Fokus kita ada dua yakni runway1600×30 meter beserta apron, kedua adalah terminal penumpang dengan luas 3000 meter persegi,” kata Awaludin.

Awaludin menambahkan, untuk pembangunan tahap pertama ini AP II menyediakan dana sebesar Rp 350 miliar. Kedepannya, kapasitas bandara akan ditambah lagi. Panjang runwayakan menjadi 2.500 meter, bahkan tidak menutup kemungkinan sampai 3.000 meter. Sehingga bisa untuk jenis pesawat yang lebih besar. Untuk pengembangan bisa disediakan dana mencapai Rp 500 miliar.

Baca JugaBandara JB Soedirman, AP I dan TNI AU Masih Godok Batas Pengelolaan

“Kalau sudah selesai pembangunannya, kami akan meminta kementerian perhubungan untuk melakukan verifikasi, proses verifikasi itu nanti akan diikuti dengan penerbitan sertifikat bandara,” katanya.

Menurutnya keberadaan  bandara tersebut akan berdampak positif bagi Kabupaten  Purbalingga dan kabupaten lain di wilayah eks-Karesidenan Banyumas. “Percepatan pembangunan ini agar dampak positif dari pembangunan bandara bisa cepat dirasakan,” katanya (IMN/satelitpost.com)

Share :