Inilah Hal Seru Dunia Bawah Air yang Hanya Ada di Jakarta Aquarium

Jakarta, airmagz.com – Satu lagi edutaiment, yang terintegrasi dengan mall, hadir di Jakarta. Wisata yang berbasis edukasi ini, khususnya terkait satwa laut, kini menjadi destinasi favorit baru untuk mengisi liburan; terlebih wisata hemat dan dekat.

Akan tetapi, bila berbicara wisata dunia bawah laut, banyak warga yang mungkin masih teringat dengan Sea World. Padahal, konsep yang ditawarkan Sea World dan Jakarta Aquarium sama sekali berbeda.

“Koleksi kami memang tidak sebanyak yang dimiliki oleh Sea World. Tetapi konsep yang kami tawarkan di Jakarta Aquarium adalah merupakan tempat konservasi, dimana kami juga bekerjasama dengan pemerintah dalam hal ini,” ujar Danang Ambar, Public Relations Manager Jakarta Aquarium, kepada airmagz.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, lanjut Danang, konsep edukasi yang disuguhkan oleh Jakarta Aquarium juga menjadi perbedaan. Selanjutnya  dari kedua hal tersebut (sisi edukasi dan konservasi), inilah yang membedakan antara Jakarta Aquarium dengan tempat lain yang sejenisnya untuk saat ini.

“Kami juga memiliki pertunjukan theatre ‘Pearl of The South Sea’ yaitu pertunjukan teater yang diangkat dari cerita rakyat Indonesia dengan latar kebudayaan Jawa. Menggabungkan seni tari bawah air dengan putri duyung/mermaid yang cantik, drama dan teknik ilusi yang mengagumkan.  Selain itu ada ‘AQUACAMP’ yaitu Kegiatan berbasis pendidikan menakjubkan yang memberikan pengalaman menginap seharian di dalam Aquarium dan tidur disamping giant tank yang berisi ratusan hewan,” katanya, saat ditanya perihal perbedaan apalagi yang dimiliki oleh  Jakarta Aquarium.

Sebelumnya, Jakarta Aquarium resmi dibuka oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, pada 16 Oktober tahun lalu. Meskipun baru diresmikan, sebetulnya pusat konservasi satwa dalam ruang pertama di Indonesia tersebut sudah mulai beroperasi sejak Maret 2017.

Hingga kini, wisata berbasis pendidikan tersebut telah memiliki sekitar 2000 hewan dan 600 spesies. Konsepnya yang berbasis pendidikan juga mendorong Jakarta Aquarium untuk ikut berkampanye, merawat palung konservasi alam, melalui program “Lautku Bersih.” (AH)

Share :
You might also like