Intip Berbagai Keseruan Wisata Edutainment Ala Jakarta Aquarium

Jakarta, airmagz.com – Seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan wisata sangat dibutuhkan oleh warga. Khususnya warga Jakarta, yang notabene, setiap harinya sudah memeras keringat, pikiran, dan tenaga dengan berbagai aktivitas pekerjaan, kemacetan, dan retorika lainnya yang membuat warga penat.

Akan tetapi, di era millenium seperti sekarang ini, wisata saja sudah bukan hal yang memiliki daya tarik tinggi. Kini, masyarakat lebih menyukai wisata edukatif atau biasa disebut edutainment. Salah satunya seperti Jakarta Aquarium.

Jakarta Aquarium sendiri adalah pusat konservasi dalam ruang pertama di Indonesia yang berdiri berkat kerja sama Taman Safari Indonesia dengan Aquaria KLCC, Malaysia. Memiliki area seluas 7.200 m2, wisata edutainment yang terletak di Mall Neo Soho tersebut, mampu menampung hingga 2500 pengunjung yang terbagi dalam berbagai keceriaan (zona).

“Kami ada 10 zona. Ada zonanya mulai dari Diving Deep, Zona Islands of Indonesia, Zona Indonesia Rain Forest, dan banyak lagi,” kata Danang Ambar, Public Relations Manager Jakarta Aquarium, kepada airmagz.com, beberapa waktu lalu.

Zona Diving Deep sendiri adalah perjalanan bawah air sambil menikmati penemuan ekosistem laut.  Zona Islands of Indonesia ialah zona peralihan dari habitat darat menuju habitat perairan. Menampilkan ekosistem hutan bakau dan habitat ikan pari.

Lalu ada lagi Zona Indonesia Rain Forest dan kehadiran berang-berang (otter) yang menggemaskan. Zona Nurseries of the Sea, Swirls and Jewels, Zona Touch and Find yang memungkinkan pengunjung menyentuh secara langsung biota laut dengan ditemani para ahli (Guest Service Agent).

Kemudian ada Zona Submarine, River of Indonesia yang menampilkan satwa air tawar dari Indonesia, Zona Jelly Fish dan Zona Southern Sea Gallery yang memamerkan ikan hiu seperti nurse shark, white tip shark, dan black tip shark serta giant grouper yang bisa membuat Anda takjub akan ukurannya yang besar.

Terlepas dari zona-zona tersebut, jangan lewatkan juga pertunjukan spektakuler yaitu Pearl of the South Sea yang akan membawa Anda dalam petualangan indah yang penuh dengan keajaiban, tarian dan drama. Kisah ini diambil dari cerita rakyat di sebuah kerajaan di bagian selatan pulau Jawa. Pertunjukan makin menakjubkan berkat gabungan aksi panggung, trik ilusi, dan tarian bawah air dengan putri duyung yang cantik.

Sempatkan juga berkunjung ke Teater 5D untuk melengkapi petualangan di Jakarta Aquarium. Di sini pengunjung dapat menikmati perjalanan imajinasi bawah laut dan menjelajahi keindahan biota laut melalui simulator lima dimensi.

Terdapat juga Ocean Wonders yang menawarkan suvenir menyerupai satwa-satwa yang ada di Jakarta Aquarium.

Akan tetapi, dari kesemua keseruan tersebut, diakui Danang, terdapat beberapa hal yang menjadi favorit bagi para pengunjung.

“Pengunjung yang datang mempunyai minat yang berbeda dalam hal ketertarikannya. Ada yang tertarik dengan Ikan Kerapu kita yang beratnya mencapai 300 kg. Ada yang seneng melihat koleksi Ikan Hiu. Ada yang senang dengan zona Touch Pool karena bisa langsung menyentuh bintang laut, ikan pari dan ikan hiu. Ada yang seneng melihat pertunjukan theatre Pearl of The South Sea (Mermaid Show),” tambahnya.

Lelah berwisata, sambil bersantap dan santai sejenak, pengunjung dapat mampir ke Pingoo Restaurant. Di sini, pengujung akan disajikan hidangan pembuka, menu utama, hingga hidangan penutup yang dijamin lezat, sajian seafood dan grill.

Menariknya, di sini pengunjung bisa bersantap di area dekat aquarium, dengan melihat langsung penguin yang asik bermain dan berenang. Salah satu kandang peraga penguin Humboldt yang dimiliki Jakarta Aquarium ini masuk dalam area Pingoo Restaurant.

Penguin Humboldt merupakan sejenis unggas yang hidup di daerah subtropis dengan suhu 18-25 C. Penguin ini adalah generasi ketiga hasil pengembangbiakan oleh Taman Safari Indonesia. (AH)

Share :
You might also like