Petugas Mogok Tuntut Kenaikan Gaji, Ratusan Penerbangan di Bandara Jerman Dibatalkan

Jakarta, airmagz.com – Ratusan penerbangan di delapan bandara Jerman, termasuk Frankfurt, dibatalkan, Selasa (15/1/2019). Penyebabnya, petugas bandara mogok kerja untuk menuntut kenaikan gaji.

Serikat pekerja bandara, Verdi, menyatakan, di bandara paling sibuk di Jerman, Frankfurt, aksi mogok dimulai pukul 02.00 hingga 20.00 waktu setempat. Bandara lain yang terdampak aksi mogok adalah Munich, Hanover, Bremen, Hamburg, Leipzig, Dresden, dan Erfurt.

Asosiasi bandara Jerman, ADV, menyatakan, dampak dari aksi ini, 220.000 pelancong mengalami pembatalan dan penundaan penerbangan sepanjang Selasa.

Operator bandara Frankfurt, Fraport, menyatakan, 610 dari 1.200 penerbangan dibatalkan. Fraport meminta penumpang tak datang ke bandara tersibuk keempat di Eropa itu selama aksi mogok berlangsung.

Sementara itu, di bandara tersibuk kedua di Jerman, Munich, sekitar 100 penerbangan dibatalkan, sebagian besar rute demestik.

Aksi yang terkoordinasi ini menandai peningkatan besar dalam perselisihan antara serikat pekerja dengan pengusaha, menyusul pemogokan di bandara Berlin pada Senin lalu dan di Stuttgart, Cologne/Bonn, dan Duesseldorf, pada Kamis sebelumnya.

Asosiasi ADV mengecam gelombang pemogokan ini dengan menyebut sebagai aksi tidak bertanggung jawab.

“Verdi secara tidak adil telah menyerang para pelancong, maskapai penerbangan, dan bandara, dari belakang,” kata kepala ADV, Ralph Beisel, dikutip dari AFP.

Sementara itu Verdi yang mewakili sekitar 23.000 pekerja keamanan penerbangan menyatakan, aksi mogok terpaksa dilakukan karena pembicaraan dengan asosiasi BDLS buntu.

“Pengusaha sama sekali tidak menanggapi aksi mogok pekan lalu sebagai peringatan. Mereka belum menaikkan tawaran,” kata anggota dewan Verdi, Ute Kittel, kepada stasiun radio ZDF.

Serikat pekerja ingin upah dinaikkan menjadi 20 euro per jam untuk petugas pemeriksa penumpang dan barang di semua bandara Jerman.

Tarif saat ini bervariasi di seluruh negeri. Petugas di beberapa bandara Jerman timur mendapat upah 14 euro per jam, lebih kecil dari rekan-rekan mereka di ibu kota atau bagian barat negara itu yang mendapat lebih dari 17 euro. (IMN/iNews.id)

Share :
You might also like